Iniesta Raih Gelar Pemain Terbaik Eropa

Headline
Andres Iniesta akhirnya dinobatkan sebagai pemain Terbaik Eropa. Pemain berkebangsaan Spanyol itu mengalahkan rekannya di Barcelona, Lionel Messi, dan megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Pemain berusia 28 tahun itu musim lalu gagal membawa timnya meraih gelar La Liga. Barcelona juga disingkirkan Chelsea di babak semifinal Liga Champions. Namun, Iniesta tampil gemilang dan membawa Timnas Spanyol menjuarai Piala Eropa 2012.

Iniesta mendapatkan 19 suara dari panel. Sementara, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masing-masing memperoleh 17 suara. Iniesta pun menyebut keberhasilan ini tak lepas dari bantuan rekan-rekannya di Barcelona dan Timnas Spanyol.

"Tanpa rekan-rekan saya di Timnas Spanyol dan Barcelona, saya tak mungkin bisa mendapakan penghargaan individual ini," ujar Iniesta sebagaimana dilansir Goal.

Pengumuman pemenang gelar Pemain Eropa Terbaik UEFA 2012 ini dilakukan di Monako, usai undian peserta grup Liga Champions 2012-13.

Kapten Barcelona, Puyol, yang juga berada di Monako, pun langsung memberikan ucapan selamat kepada Iniesta, "Selamat Iniesta! Anda berhak mendapatkannya."

Rekan Iniesta di Barcelona, Lionel Messi, merupakan pemain terbaik Eropa tahun lalu. Xavi Hernandez berada di posisi kedua. Adapun, posisi ketiga menjadi milik Cristiano Ronaldo.

Selama sebelas musim menghuni skuad utama, Iniesta bersama Xavi merupakan jendral di lini tengah Barcelona. Total, Iniesta memperkuat Barca sebanyak 412 kali dan mencetak 41 gol.