BBM Hanya Untuk iPhone & Smartphone Android

Headline
BlackBerry menegaskan bahwa hadirnya BlackBerry Messenger (BBM) hanya untuk smartphone Android dan iPhone, bukan untuk perangkat tablet.

"Pada titik ini, BBM adalah untuk iPhone dan smartphone Android, dan sistem operasi iPhone yang menjalankannya harus iOS 6 dan di atasnya," tegas Vivek Bhardwaj, kepala pengembangan software BlackBerry di sela-sela acara BlackBerry Live di Orlando, AS, seperti dinukil Slashgear.

Selain mendukung iPhone yang menjalankan iOS 6, BBM juga akan mendukung smartphone Android yang menjalankan Jelly Bean atau versi diatasnya.

"Smartphone adalah fokus nyata kami dan kembali ke apakah BBM itu sebenarnya. Jika Anda melihat BBM dengan keterlibatan dan aktivitasnya, itu adalah (aplikasi) mobile, orang-orang menggunakannya di mana saja," lanjutnya.

Dukungan BlackBerry Messenger yang meluas di dua platform pesaingnya adalah strategi panjang dari BlackBerry.

Nantinya dapat dilihat apakah keputusan ini justru banyak membuat orang beralih dari BlackBerry dan menggunakan perangkat baru karena BBM sudah tersedia disana, ataukah akan menjadi keuntungan lain mengingat saat ini pasar smartphone lebih didominasi oleh Android dan iPhone.

Bayangkan berapa banyak pengguna Android dan iPhone yang bakal menggunakan fitur BBM di perangkatnya. Sebelumnya juga telah dipaparkan alasan mengapa BBM di Android dan iPhone bakal gratis tanpa merugikan BlackBerry dalam segi keuntungan.

Bagaimanapun, pengguna tablet Android, iPad atau iPad Mini tidak dapat menggunakan BBM karena BlackBerry memang belum merancang layanan perpesanan itu untuk tampilan tablet.

Sehingga masih ada kemungkinan suatu saat BBM akan dihadirkan di tablet, bahkan untuk perangkat non-mobile seperti Smart TV atau komputer desktop.
"Saya pikir ketika Anda melihat hal-hal seperti Smart TV dan desktop, keduanya jelas adalah ruang untuk eksplorasi," ujar Bhardwaj menyudahi.

BBM untuk Android dan iPhone akan segera dihadirkan BlackBerry pada musim panas tahun ini, atau sekitar Juni 2013.