Menang 3-1 dari Irlandia, Kroasia Pimpin Grup C

Croatia
Kroasia berhasil memuncaki klasemen sementara Grup C Piala Eropa 2012 setelah mampu mengempaskan Irlandia, 3-1, di laga perdana Grup C di Stadion Municipal, Poznan, Polandia, Minggu atau Senin (11/6/2012) dini hari WIB. Dua dari tiga gol Kroasia dicetak Mario Mandzukic dan sisanya oleh Nikica Jelavic, sementara gol Irlandia dicetak Sean St Ledger.
 
Kroasia memuncaki klasemen Grup C dengan perolehan tiga poin, kemudian disusul Spanyol dan Italia yang mengoleksi poin satu setelah bermain imbang dalam laga sebelumnya. Adapun Irlandia berada di dasar klasemen.

Irlandia yang mencoba membangun serangan sejak kick off dikejutkan oleh gol cepat Kroasia. Saat pertandingan baru berjalan tiga menit, penyerang Mandzukic sudah mengubah skor menjadi 1-0, setelah menerima umpan Darijo Srna. Mandzukic melepaskan sundulan terarah ke pojok kanan gawang yang tak mampu dihalau kiper Shay Given.

Ketinggalan di menit-menit awal, Irlandia mau tidak mau menekan. Bek Ledger akhirnya mampu membuat pendukung Irlandia bersorak saat berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-19. Ia mampu memaksimalkan umpan tendangan bebas Kevin Doyle dengan sundulan, menaklukan kiper Stipe Pletikosa.

Setelah dua gol itu, tempo permainan berlangsung cepat. Kedua kubu bermain terbuka dan silih berganti melakukan serangan. Kroasia hampir saja menambah keunggulan jika kiper Given tidak tampil sigap menahan tendangan voli Ivan Perisic dari luar kotak penalti pada menit ke-22.

Irlandia yang lebih mengandalkan serangan balik mampu membuat pertahanan Kroasia kerepotan pada menit ke-36 melalui aksi Doyle. Sayang, bola sundulannya menerima umpan Stephen Ward masih dapat diantisipasi kiper Pletikosa dengan cukup baik.

Kroasia yang lebih mendominasi pada babak ini terus menekan. Tiga menit menjelang akhir babak pertama, Jelavic mampu menambah keunggulan Kroasia menjadi 2-1 setelah berhasil mencetak gol pada menit ke-42. Lolos dari perangkap offside, dengan mudah ia mengecoh Given dan menceploskan bola.

Selepas turun minum, lagi-lagi Mandzukic mengejutkan Irlandia karena mampu mencetak gol keduanya sekaligus menambah keunggulan Kroasia menjadi 3-1. Kali ini menerima umpan dari Perisic, ia kembali menaklukan Given dengan sundulan terarahnya ke pojok kiri gawang Irlandia.

Irlandia mencoba keluar dari tekanan. Pelatih Giovanni Trapattoni pun memasukan Simon Cox dan Jonathan Walters untuk menambah daya gedor barisan depan timnya. Akan tetapi, sejumlah peluang yang didapat Robbie Keane dan kawan-kawan masih dapat diantisipasi dengan baik oleh barisan belakang Kroasia ataupun kiper Pletikosa.

Sepanjang babak kedua ini, Kroasia ataupun Irlandia sama-sama berusaha menambah gol. Namun, sejumlah peluang yang didapat oleh kedua kubu masih buntu karena mampu dimentahkan barisan pertahanan masing-masing tim. Hingga pertandingan berakhir, skor 3-1 untuk kemenangan Kroasia pun tidak berubah.

Menurut catatan UEFA, sepanjang babak pertama Kroasia menguasai bola sebanyak 55 persen dan menciptakan lima peluang emas dari 10 usaha. Adapun Irlandia melepaskan delapan tembakan akurat dari 14 kali percobaan.

Susunan Pemain:
Irlandia: 1-Shay Given, 5-Richard Dunne, 2-Sean St. Ledger, 3-Stephen Ward, 4-John O'Shea, 6-Glenn Whelan, 8-Keith Andrews, 7-Aiden McGeady (20-Simon Cox 54), 11-Damien Duff, 10-Robbie Keane, 9-Kevin Doyle (14-Jonathan Walters 53).

Kroasia: 1-Stipe Pletikosa, 13-Gordon Schildenfeld, 5-Vedran Corluka, 2-Ivan Strinic, 11-Darijo Srna, 8-Ognjen Vukojevic, 10-Luka Modric, 20-Ivan Perisic (22-Eduardo 89), 7-Ivan Rakitic, 9-Nikica Jelavic (19-Niko Kranjcar 72), 17-Mario Mandzukic.

Wasit: Bjorn Kuipers


Republic of Ireland face an uphill battle to reach the Euro 2012 quarter-finals after being outclassed 3-1 by Croatia in Group C. - 3
Eurosport