Perempuan Kroasia Dilarang "Pamer" Dada

Croatia
Kementerian Kebudayaan Kroasia melarang pegawainya, terutama perempuan, mengangkat kaus saat menyaksikan pertandingan Piala Eropa 2012.

Baru-baru ini, Kementerian Kebudayaan dibuat heboh. Pegawai Kementerian Kebudayaan, Jelana Miksa, dan rekannya, Viktorija, entah sadar atau tidak "menperlihatkan" dada mereka saat merayakan keberhasilan Kroasia mengalahkan Irlandia, Minggu (10/6/2012). Foto mereka tersebar di internet dan menjadi pembicaraan yang hangat di kalangan media-media lokal.

"Sebagai karyawan di sektor publik harus bersikap sesuai dengan kode etik," kata Natasa Petrinjak selaku juru bicara kementerian kepada AFP.

Meski begitu, Miksa dan Viktorija hanya mendapatkan peringatan terkait tindakannya. Tidak ada sanksi apa pun yang dijatuhkan kepada mereka. "Selanjutntya, mereka harus menjaga perilakunya,"  ujar Petrinjak.

Setelah Kroasia berhasil mengalahkan Irlandia 3-1, pendukung perempuan khusunya  merayakan kemenangan tersebut dengan menarik kaus sehingga dada mereka terlihat. "Saya tidak menyesal. Bagi saya, yang paling penting bagaimana permainan tim,"  kata Jelena Miksa kepada harian Vecernji  List. (AFP)