Chelsea meraih kemenangan 2-0 atas Wigan Athletic

WIGAN - Chelsea meraih kemenangan 2-0 atas Wigan Athletic, pada laga perdana Premier League 2012-2013 di DW Stadium, Minggu (19/8/2012).

Gol pertama dicetak oleh bek Branislav Ivanovic pada menit kedua-Setelah menguasai umpan  Eden Hazard, Ivanovic menggiring bola masuk kotak penalti dan melepaskan tembakan yang membuat bola masuk tengah gawang tuan rumah.

Pada menit ketujuh, kiper Ali Al Habsi kembali melihat gawangnya kebobolan-Kali ini oleh tembakan gelandang Frank Lampard dari titik putih-Chelsea mendapat penalti karena pelanggaran bek Ivan Ramis kepada Hazard.

Chelsea menekan pada sepuluh menit pertama dan mendapat dua gol, tetapi selepas menit kesepuluh, Wigan memperbaiki koordinasi permainan dan beberapa kali membangun serangan.

Serangan yang dibangun Wigan banyak kandas di tengah jalan, karena umpan-umpan final yang tidak akurat.

Dalam sejumlah kesempatan, Chelsea merespons serangan Wigan yang kandas itu dengan serangan balik. Namun, mereka juga kesulitan menyelesaikannya dengan eksekusi.

Memasuki menit ke-20, Wigan semakin agresif. Kali ini, koordinasi permainan mereka lebih baik, tetapi masih kesulitan mengakhiri serangan dengan eksekusi karena masalah yang sama, umpan yang kurang terukur.

Meski nyaris tak terancam, Chelsea kesulitan melancarkan serangan, karena setiap kali serangannya kandas, Wigan bergerak cepat menutup ruang dan melakukan pressing.

Kerja keras Wigan membuahkan eksekusi akurat dari Victor Moses pada menit ke-38 dan Franco Di Santo pada menit ke-45. Namun, semuanya kandas di tangan Petr Cech.

Cech juga mematahkan peluang terakhir Wigan, yaitu tendangan bebas Shaun Maloney, beberapa saat sebelum peluit tanda turun minum berbunyi.

Permainan tak banyak berubah di babak kedua. Wigan masih agresif dan konsisten mengambil inisiatif serangan, tetapi masih bermasalah dengan akurasi umpan-umpan final.

Wigan mencoba memanfaatkan sejumlah situasi bola mati untuk memecah kebuntuan, tetapi masih kurang beruntung. Pada nmenit ke-74, misalnya, Jordi Gomez melepaskan tendangan langsung ke arah gawang, tetapi terlalu lemah sehingga bisa ditangkap Cech.

Pada menit ke-84, giliran Arouna Kone menyundul bola hasil tendangan sudut Ivan Ramis dari jarak dekat, tetapi bola meleset ke sisi kiri gawang Chelsea.

Semenit setelahnya, Wigan mengalirkan serangan yang berujung tembakan Kone dari sudut sempit. Petr Cech berhasil menepis bola, tetapi bola muntah masuk jangkauan Gomez. Gomez kemudian melepaskan tembakan, yang melesat ke atas gawang Chelsea.

Di tengah tekanan Wigan, Chelsea mampu menyelipkan dua ancaman serius melalui Fernando Torres pada menit ke-63 dan Oscar pada menit ke-68. Tembakan Torres gagal dihalau Al Habsi, tetapi sebelum melewati garis gawang bola dibuang oleh Ramis dan usaha Oscar meleset ke sisi kanan gawang.

Sepanjang pertandingan, menurut catatan Premier League, Wigan melepaskan lima tembakan akurat dari 13 usaha. Adapun Chelsea menciptakan tiga peluang emas dari lima percobaan.

Susunan pemain:
Wigan:
26-Ali Al Habsi; 3-Antolin Alcaraz, 5-Gary Caldwell, 21-Ivan Ramis; 17-Emmerson Boyce, 4-James McCarthy, 16-James McArthur (8-Ben Watson 79), 31-Maynor Figueroa; 10-Shaun Maloney (14-Jordi Gomez 49), 9-Franco Di Santo (2-Arouna Kone 67), 11-Victor Moses

Chelsea: 1-Petr Cech; 2-Branislav Ivanovic, 4-David Luiz, 26-John Terry, 3-Ashley Cole; 8-Frank Lampard, 12-John Obi Mikel; 17-Eden Hazard (11-Oscar 64), 10-Juan Mata (16-Raul Meireles 82), 34-Ryan Bertrand; 9-Fernando Torres

Wasit: Mike Jones