Inilah Mobil Amerika Termahal di Dunia

Headline
California - Sejumlah mobil klasik memang selalu menjadi incaran para kolektor penikmat otomotif. Tapi apakah Anda dapat bayangkan jika ada mobil klasik yang memiliki bandrol harga Rp105 miliar? Inilah Ford GT40 lansiran 1968.


Diwartakan Autoblog, mobil ini bukan sekadar mobil balap biasa. Ford GT40 adalah mobil sport klasik yang mampu mempecundangi beberapa Ferrari di balapan era 1960-an. Mobil yang hanya diproduksi sebanyak 107 unit ini juga memiliki nilai bersejarah karena digunakan pada pembuatan film Le Mans (1971) yang dibintangi aktor Steve McQueen.

Tak hanya tampil sebagai 'bintang film', mobil dengan transmisi manual lima percepatan itu juga pernah memenangkan balapan Le Mans di Prancis bersama legenda balap Jacky Ickx serta Dr Dick 'the Flying Dentist' Thompson.

Mobil bersejarah itu laku terjual US$11 juta atau sekitar Rp105 miliar pada lelang mobil yang dilakukan RM Auction di Monterey, California, AS, baru-baru ini.

Nilai penjualan fantastis itu menjadikan Ford GT40 legendaris ini menjadi mobil Amerika termahal dalam sejarah. Harga itu bahkan lebih mahal dari Ferrari 410S buatan 1955 yang sukses terjual USS8,5 juta dan Horch 853A Special Roadster besutan 1938 yang berhasil dilelang dengan harga US$5,1 juta.