Kagawa Menawan, Van Persie Belum Padu

Headline
Pertandingan lawan Everton menjadi debut dua pemain anyar Manchester United, Shinji Kagawa dan Robin van Persie. Namun, penampilan keduanya saling bertolak belakang.

MU harus mengakui keunggulan Everton 0-1 di pertandingan perdana Liga Primer dinihari tadi. Gol tunggal Everton dicetak Marouane Fellaini di babak kedua. Di laga tersebut, Sir Alex Ferguson menurunkan dua pemain anyarnya, Kagawa dan Van Persie.

Kagawa didatangkan dari Borussia Dortmund beberapa pekan lalu sedangkan Van Persie resmi bergabung empat hari lalu. Ferguson memainkan Kagawa sejak menit awal sementara Van Persie baru masuk di menit ke-68 menggantikan Danny Welbeck.

Penampilan Kagawa di laga tersebut mendapat banyak pujian. Kehadiran pemain asal Jepang itu menghadirkan dimensi lain dalam permainan 'Setan Merah'. Beberapa kali umpannya sempat membahayakan gawang Everton. Salah satunya adalah umpan terobosannya kepada Welbeck, namun Welbeck dijegal di luar kotak penalti.

Masuknya Van Persie 20 menit jelang laga usai tidak mengubah apapun. Pemain yang sangat ditunggu-tunggu penampilannya tersebut tidak banyak mendapat suplai bola karena rapatnya pertahanan Everton. Hal ini bisa dimaklumi karena Kagawa sudah ikut dalam tur pramusim MU, sedangkan Van Persie baru bergabung empat hari lalu.

"Kami tidak memanfaatkan Van Persie dengan baik. Kami kurang melakukan penetrasi. Adanya Van Persie didalam tim, Anda harus menggunakan kemampuannya melewati bek lawan, situasi yang sangat dikuasainya. Sayang, hal itu tidak terjadi di pertandingan lawan Everton," ujar Ferguson kepada MUTV usai laga.

Van Persie masih membutuhkan waktu agar bisa menyatu dengan pemain MU lainnya. Publik sangat menantikan duet maut antara Wayne Rooney dan Van Persie. Pemain asal Belanda itu harus segera mencuri hati publik Old Trafford pekan depan saat 'Setan Merah' menjamu Fulham.