Bungkam Madrid 3-2, Galatasaray Gagal ke Semifinal

Headline
Pertandingan seru tersaji antara Galatasaray dan Real Madrid. Meski berhasil menang dengan skor 3-2, klub asal Turki itu gagal melaju ke semifinal.

Galatasaray kalah agregat 3-5 setelah di leg pertama kalah 0-3. Tiga gol Galatasaray dicetak Emmanuel Eboue, Wesley Sneijder dan Didier Drogba. Dua gol Madrid diborong Cristiano Ronaldo.

Pertandingan leg kedua perempatfinal Liga Champions antara Galatasaray kontra Real Madrid digelar di Turk Telekom Arena, Rabu (10/4/2013) dinihari WIB.

Galatasaray menurunkan susunan pemain yang hampir sama ketika tumbang 0-3 di leg pertama. Mereka hanya tak bisa memainkan Burak Yilmaz karena akumulasi kartu.

Di kubu Madrid, kiper masih dipercayakan kepada Diego Lopez. Posisi Sergio Ramos dan Xabi Alonso yang terkena akumulasi kartu digantikan oleh Pepe dan Luka Modric. Lini depan ditempati oleh Gonzalo Higuain.

Tim tamu nyaris mengejutkan di ketika laga baru berlangsung empat menit. Berawal dari kesalahan Muslera dalam membuang bola, si kulit bundar jatuh ke kaki Di Maria. Pemain asal Argentina itu menendang bola ke gawang yang kosong. Namun, Muslera masih bisa menghadang bola dengan kakinya.

Menit ketujuh, El Real benar-benar membuat fans Galatasaray terdiam. Umpan tarik mendatar yang dilepaskan Khedira berhasil disontek Ronaldo yang tak terkawal di depan gawang. Skor 1-0.

Unggul 1-0, Madrid tampil lepas. Mereka nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-24. Umpan pendek Ronaldo ke kotak penalti disambut tendangan kaki kiri Di Maria yang tinggal berhadapan dengan kiper. Sayang, tendangannya masih mengenai tangan kiri Muslera.

Galatasaray baru bisa melepaskan tendangan ke gawang Madrid di menit ke-37. Tendangan Sneijder dari luar kotak penalti masih terlalu lemah dan mudah diamankan kiper Madrid, Diego Lopez. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Galatasaray meningkatkan intensitas serangan demi mengejar defisit lima gol. Namun, justru Madrid yang mendapat peluang emas untuk menggandakan keunggulannya di menit ke-56. Tinggal berhadapan dengan kiper, tendangan Ronaldo melebar di kanan gawang.

Kegagalan Ronaldo harus dibayar mahal. Dua menit berselang, Galatasaray mampu menyamakan kedudukan. Tendangan keras Eboue dari luar kotak penalti menghujam deras gawang El Real. Skor imbang 1-1.

Sneijder nyaris membawa timnya unggul di menit ke-62. Hampir mirip dengan peluang Ronaldo sebelumnya, pemain asal Belanda itu bebas di depan gawang. Namun, tendangan kaki kirinya melebar di kiri gawang.

Kali ini Sneijder tak melakukan kesalahan lagi. Di menit ke-70, sepakan mendatar mantan pemain Madrid itu menaklukkan Diego Lopez. Skor berubah 2-1.

Dua menit kemudian, Galatasaray kembali membobol gawang Los Merengues. Menerima umpan tarik Amrabat dari sayap kanan, tendangan akrobatik Drogba menggunakan tumit membuat Diego Lopez mati langkah. Skor 3-1 dan tim tuan rumah hanya butuh dua gol lagi untuk bisa melaju ke semifinal.

Drogba mampu mencetak gol keempat Galatasaray di menit ke-82. Namun wasit menganulirnya karena sudah berada di posisi offside.

Madrid harus bermain dengan 10 pemain di menit ke-90 setelah Arbeloa mendapat kartu kuning kedua karena melakukan protes kepada wasit.

Madrid menutup laga dengan gol yang dicetak Ronaldo di detik-detik akhir laga. Menerima umpan tarik Benzema, tendangan keras Ronaldo dari dalam kotak penalti tak mampu dihadang Muslera.

Skor 3-2 bertahan hingga laga usai. Meski menang, Galatasaray gagal melaju ke semifinal karena kalah agregat 3-5. [arn]

Susunan pemain:

Galatasaray: Fernando Muslera, Gokhan Zan, Semih Kaya, Emmanuel Eboue (Johan Elmander 80'), Hamit Altintop, Selcuk Inan, Felip Melo, Albert Riera, Wesley Sneijder, Didier Drogba, Umut Bulut (Sabri Sanoglu 63'). Pelatih: Fatih Terim

Real Madrid: Diego Lopez, Raphael Varane, Pepe, Michale Essien (Alvaro Arbeloa 31'), Sami Khedira, Luka Modric, Angel Di Maria, Mesut Ozil (Raul Albiol 81'), Cristiano Ronaldo, Gonzalo Higuain (Karim Benzema 73'). Pelatih: Jose Mourinho