3 Hal Paling Umum yang Sebabkan Libido Bercinta Turun

img
Belakangan ini Anda merasa kehilangan gairah untuk bercinta? Anda tidak sendirian. Survei yang dilakukan di Inggris menyebutkan satu dari tiga pria menderita masalah libido. Sedangkan wanita, jumlahnya lebih sedikit, hanya satu dari empat.

Masalah turunnya libido ini memang bisa muncul kapan saja. Kesibukan sehari-hari lah yang umumnya jadi biang keladi masalah tersebut. Inilah tiga hal paling umum yang menyebabkan Anda dan suami jadi menurun gairahnya, seperti dikutip dari She Knows:

Penyebab 1: Otak terlalu aktif
Beberapa orang tidak bisa dengan mudahnya merasa relaks karena otak mereka terlalu aktif berpikir. Kondisi ini membuat orang tersebut jadi tak menikmati aktivitas seks. Terlalu banyak hal yang dipikirkan di otak, menurut ahli nutrisi holistik Sally Kravich merupakan pembunuh libido nomer satu. "Orang-orang tipe ini kecanduan pada gadget mulai dari komputer, Blackberry, iPhone, televisi dan tidak berhenti memainkannya," ujar Kravich.

Apakah Anda termasuk tipe orang seperti ini? Kravich memberikan empat saran. "Sejam sebelum tidur, matikan gadget atau perangkat elektronik lainnya, tulis hal-hal apa saja yang harus dilakukan besok, olahraga setelah bekerja dan luangkan waktu untuk berduaan dengan pasangan," begitu sarannya.

Penyebab 2: Kelelahan
Tentunya Anda akan merasa sulit untuk merasa bergairah ketika satu-satunya hal yang Anda inginkan adalah tidur. Terutama untuk para ibu atau wanita bekerja yang super sibuk, tidur sering menjadi aktivitas paling mewah. Saat tubuh merasa lelah, tidur memang menjadi aktivitas yang bisa mengatasinya.

Apakah Anda termasuk orang yang sudah terlalu merasa lelah di penghujung hari dan tak ada lagi gairah untuk bercinta? Kravich menyarankan sesekali cobalah manjakan diri agar libido bisa datang lagi. Lupakan sejenak beberapa pekerjaan rumah tangga dan manjakan diri dengan melakukan aktivitas yang membuat relaks, misalnya saja pergi ke tempat spa. "Waktu relaksasi yang mewah ini bisa membuat Anda jadi punya mood bercinta lagi dengan pasangan," ujarnya.

Penyebab 3: Gangguan
Ketika ada banyak gangguan seperti suara bising, stres pikiran atau perasaan tidak nyaman, ini bisa menyebabkan libido jadi turun. Namun menurut konsultan pendidikan seks Melissa Jones, adanya gangguan ini seharusnya tidak menjadi alasan untuk berhenti bercinta.

"Saat kita bilang banyak gangguan, artinya kita tidak memprioritaskan seks. Cobalah kunci pintu kamar, matikan televisi dan smartphone dan minta anak-anak tidur lebih cepat," sarannya. "Kalau Anda tidak memblokir gangguan itu, Anda akan seterusnya membiarkan itu semua mengganggu kehidupan seks," tambah Jones.