Ini 8 Fakta Bikin Anda Makin Kagum Payudara

Payudara, siapapun akan sangat tertarik dengan obrolan bertemakan ini. Buah dada milik wanita memang tak pernah membuat bosan untuk diperbincangkan.

Bicara tentang payudara yang umumnya langsung tersambung ke otak adalah bagaimana bentuknya yang bisa meningkatkan gairah seksual seseorang. Padahal lebih dari itu payudara memiliki fungsi yang juga tak kalah penting.

Mengutip huffpost, ada delapan fakta tentang payudara yang mungkin belum Anda ketahui dan bisa membuat Anda semakin mengagumi payudara, khususnya pada wanita. Silakan simak:

Manusia adalah primata dengan payudara permanen

"Tidak ada primata lainnya memiliki payudara permanen. Dalam primata non-manusia (dan spesies mamalia lainnya) payudara penuh merupakan indikasi jelas para betina yang tengah menyusui. Tapi tidak begitu pada manusia," ujar Carole Jahme, master psikologi evolusioner kepada The Guardian.

Pemicu orgasme

Wanita bisa mencapai orgasme setelah putingnya distimulasi atau diberi rangsangan.
Studi terhadap 213 wanita sebanyak 29% mengaku mengalami orgasme setelah payudara mereka mendapat rangsangan.
Hal ini karena proses stimulasi ini menyebabkan aktivasi korteks sensorik genital pada otak yang disebut 'tindakan tak terduga

Produsen makanan sempurna

Pernah membayangkan bahkan bagian tubuh kita sendiri mampu memproduksi makanan bergizi dan sehat bagi orang lain yaitu para bayi baru lahir hingga mereka menjadi balita.
Manfaat ASI dan kolostrum, zat kekuningan menyebutnya sebagai makanan sempurna untuk bayi.
Ini juga merupakan anjuran yang paling tepat yang disampaikan pemerintah yaitu agar memberikan ASI ekslusif kepada bayi karena ASI mengandung antibodi yang membantu bayi melawan infeksi dan penyakit.
Selain itu ASI juga mudah dicerna pada pencernaan bayi.
Hal ini karena adanya hormon prolaktin yang dilepaskan ketika tengah menyusui bayinya.

Payudara terbesar alami di dunia adalah 102ZZZ a

The Guinness Book of World Record mencatat pemilik payudara terbesar di dunia secara alami adalah Annie Hawkins-Turner dengan ukuran 102ZZZ a. Dadanya berukuran 70 inci termasuk puting dan lingkar punggung.

Ukuran tidak berpengaruh akan produksi ASI

Payudara besar memproduksi ASI lebih banyak? Siapa yang bilang?
"Payudara besar memiliki proporsi yang lebih tinggi jaringan lemak, dibandingkan dengan jaringan kelenjar, tetapi hal ini tidak berpengaruh pada jumlah susu yang mampu Anda hasilkan," kata Debbi Donovan, pemimpin organisasi ibu menyusui.
Karenanya tak ada alasan bagi wanita dengan payudara kecil lalu khawatir ASI mereka akan sedikit.
Sementara wanita yang besar atau gemuk juga bukan lantas memiliki payudara yang banyak isinya.
Kadang perempuan dengan payudara besar juga sulit menyusui karena masalah posisi.

Mereka bertambah besar ukurannya

Payudara akan bertambah besar ukurannya dari bulan ke bulan, bahkan dari menit ke menit, khususnya saat sedang menstruasi karena saat itu tubuh mengeluaran hormon progesteron dan prolaktin yang selama fase pramenstruasi dapat menyebabkan pembengkakan.
Pertumbuhan payudara juga merupakan keunggulan dari kehamilan, dan beberapa pakar seks, termasuk penulis Sex Matters for Womenmengklaim bahwa payudara bisa membengkak hingga 25% ketika wanita sedang bergairah.

Sebelah kiri cenderung lebih besar

Jenna Pincott, penulis Do Gentlemen Really Prefer Blondes: Bodies, Behavior, and Brains -- The Science Behind Love, Sex, and Attraction, mengatakan sangat normal bagi perempuan memiliki satu payudara yang lebih besar dari yang lain. Dan sekitar 65% perempuan memiliki payudara lebih besar pada sebelah kiri.
Hal ini dikarenakan hipersensitivitas kekebalan tubuh, akan lebih tinggi pada payudara sebelah kiri. Sisi ini juga yang lebih banyak menghasilkan susu.

Ada empat jenis puting
Jika Anda menganggap bahwa wanita di manapun memiliki bentuk puting sama, jelas itu adalah pemikiran yang salah.
Penulis Tracie Egan Morrissey ketika bertugas sebagai bidan di daerah menemukan bentuk puting yang berbeda antara perempuan yang satu dengan lainnya
Puting normal: menonjol beberapa milimeter dari areola, dan kemudian lebih jauh ketika mereka terangsang atau dalam kondisi dingin.
Puting datar: hanya menonjol ketika mereka distimulasi atau ketika suhu berubah.
Puting "bengkak" yaitu puting yang memiliki areola yang terangkat.
Puting "terbalik" yaitu puting yang berbalik ke dalam.
Mayo Clinic menjelaskan, jenis puting yang terakhir aman asalkan tetap seperti itu. Tapi jika ini berubah ke dalam baru belakangan ini maka harus diperiksakan ke dokter.