Usai Lelang, Lukisan Senilai Rp 42 Miliar Terbuang Bersama Sampah

http://images.detik.com/content/2014/04/12/1059/senow.jpg
Sebuah lukisan yang baru laku dilelang Senin (7/4/2014) hingga mencapai angka tertinggi $3,7 juta atau sekitar Rp 42 miliar dinyatakan hilang. Sedihnya, polisi kuat menduga lukisan berjudul 'Snowy Mountain' karya seniman Cina, Cui Ruzhuo ‌itu bukan dicuri.

http://images.detik.com/content/2014/04/12/1059/senow.jpg


Seperti diberitakan Reuters (9/4/2014), lukisan yang dibuat Cui Rizuo pada tahun 2012 itu diduga ikut terbuang bersama sampah oleh petugas kebersihan, usai acara lelang digelar.

Pelapor kehilangan adalah petugas lelang Poly Auction setelah lelang dilakukan Senin. Surat kabar Ming Pao, melaporkan polisi telah meneliti CCTV di Hotel Grand Hyatt, dimana lelang dilakukan.

Memang ada rekaman yang menunjukkan petugas kebersihan memindahkan lukisan itu. Semua pihak yang terkait takut lukisan itu benar-benar telah ikut diangkut bersama sampah ke pusat pembuangan sampah kota.

Gladis Young, direktur komunikasi Grand Hyatt Hotel mengatakan staf hotel tidak ada yang terlibat, karena biasanya penyelenggara akan menyewa pihak ketiga untuk menangangi benda-benda berharga, selain untuk sisi keamanannya.