Banyak Aktris Rela Berhubungan Seks demi Dapat Pekerjaan

Megan Fox, Gwyneth Paltrow
Sejumlah aktris cantik seperti Megan Fox dan Gwyneth Paltrow mengaku pernah ditawari peran di film ternama jika mau membayar dengan tubuh mereka.
Dalam sebuah wawancara dengan majalah W pada 17 April, aktris cantik Kirsten Dunst membuat gempar dengan pendapatnya mengenai “casting couch” alias “sofa casting” yang marak terjadi di kancah perfilman Hollywood.
Kirsten Dunst
 
Saat berbincang-bincang dengan sutradara Sofia Coppola, aktris “Melancholia” itu tertawa ketika membayangkan kemungkinan dia menjadi salah satu pelaku casting couch di Hollywood. Casting couch merupakan keadaan ketika para aktris rela melakukan hubungan seks dengan produser atau sutradara demi mendapatkan peran di sebuah film.

“Saya berusaha menghindari hal semacam itu,” kata Dunst saat wawancara dengan W. “Menurut saya, hal seperti ini terjadi jika Anda memang sengaja merayu demi mendapatkan peran tersebut.”

Namun, sederet aktris sebelumnya pernah membeberkan pengalaman casting couch mereka, yang ternyata tidak melibatkan “rayuan” seperti tuduhan Dunst.

Aktris Inggris Thandie Newton pada 2013 mengungkapkan kepada CNN “insiden mengerikan”, ketika seorang direktur casting mengeksploitasi dia saat dia masih remaja. Aktris berusia 41 tahun tersebut mengatakan bahwa saat audisi berlangsung, kamera diam-diam diletakkan pada posisi tertentu, sehingga mampu merekam bagian dalam roknya. Sutradara kemudian meminta Newton untuk menyentuh bagian tubuhnya sendiri. Newton kemudian mengetahui bahwa sutradara itu kemudian menunjukkan rekaman tersebut di berbagai pesta.
 
Thandie Newton, Susan Sarandon, Gwyneth Paltrow

Saat wawancara dengan majalah Elle, Susan Sarandon berbicara soal pengalaman brutalnya ketika dia baru terjun ke dunia hiburan. “Saya masuk ke dalam sebuah ruangan, dan seorang pria benar-benar menindih tubuh saya ke atas meja,” ucap aktris “Cloud Atlas” itu. “Itu masa-masa awal saya di New York dan hal tersebut sangat menjijikkan.”

Gwyneth Paltrow mengatakan kepada majalah Elle pada 2010 bahwa dia pernah mengalami casting couch saat dia baru terjun ke dunia hiburan. “Ketika saya baru mulai karier sebagai aktris, seseorang mengatakan supaya kami menyelesaikan meeting di kamar tidur,” kata aktris “Iron Man” tersebut. “Saya lalu pergi. Saya sangat terkejut. Saya tahu bagaimana kekhawatiran orang lain yang polos dan mungkin akan berpikir bahwa, ‘Karier saya akan hancur jika saya tidak memberikan seks kepada pria ini!’”

Charlize Theron sangat terkejut ketika dia diajak berhubungan seks saat dia baru terjun ke dunia hiburan. Aktris berusia 38 tahun itu mengungkapkan kepada majalah OK! pada 2009 bahwa dia mengalami casting couch setelah dia pindah ke Amerika Serikat dari Afrika Selatan, ketika usianya baru 19 tahun. Theron membeberkan dia ditelepon untuk melakukan pertemuan di rumah seorang tokoh penting Hollywood.


Charlize Theron dan Megan Fox

Charlize Theron, Megan Fox “Saya merasa aneh karena audisi dilakukan pada Sabtu malam di rumahnya di Los Angeles, tapi saya pikir mungkin itu biasa terjadi,” ucap Theron. “Pria itu mengenakan piyama ala Hugh Hefner. Saya masuk ke dalam dan dia menawarkan saya minuman, dan saya merasa, ‘Ya ampun, ternyata dunia akting sangat santai, ya.’ Namun kemudian saya langsung menyadari situasi sebenarnya. Saya mengatakan, ‘Itu tidak akan pernah terjadi! Kamu salah memilih mangsa, teman!’”

Megan Fox mengatakan pengalaman casting couch-nya justru terjadi setelah dia terkenal. “Misalnya para nama legendaris di Hollywood. Saat akan bertemu mereka saya pikir rasanya menyenangkan sekali, lalu ternyata ‘Wow, orang ini ternyata tertarik untuk mengobrol dengan saya lebih dekat,’ dan ketika sampai di rumahnya saya langsung menyadari bahwa bukan itu yang mereka inginkan,” ujar aktris “Transformers” itu kepada majalah Inggris GQ pada 2009.