17 Agustus 2014

16 Maret 2880, peradaban manusia diperkirakan musnah

 
Apabila selama ini asteroid, meteorid atau benda luar angkasa yang berukuran raksasa lainnya hanya dikabarkan melintasi bumi walaupun jaraknya sangat dekat, namun ada pemantauan dan perkiraan bahwa ancaman yang sangat serius sedang menuju planet ini.

Sebuah asteroid yang miliki diameter sekitar 1,1-1,4 km bernama Asteroid 1950 DA diperkirakan akan menghapus peradaban manusia atau dapat dikatakan dapat menghancurkan bumi. Asteroid yang pertama kali ditemukan pada tanggal 23 Februari 1950 ini diperkirakan akan menabrak bumi dengan kecepatan mendekati 15 km/dtk.


Dikutip dari Business-Standard (16/08), dari tumbukan ini maka akan tercipta ledakan yang maha dasyat dan hembusan hawa panasnya dapat menyapu bermil-mil jauhnya dan dapat menimbulkan tsunami raksasa.

Walaupun banyak pakar bahkan pihak NASA juga sependapat bahwa Asteroid 1950 DA yang komposisinya adalah besi dan nikel ini akan menabrak bumi, namun tabrakan tersebut baru akan terjadi sekitar tanggal 16 Maret 2880.


Jatuhnya benda langit besar ke bumi tentunya bukan sekali ini saja, sekitar 66 juta tahun lalu, hal serupa pernah terjadi dan imbasnya adalah terhapusnya seluruh dinosaurus di muka bumi ini.

Biarpun banyak yang percaya hal itu akan terjadi, namun para peneliti dari University of Tennessee (UT) memperkirakan bahwa pada tanggal itu, bumi beserta semua yang ada di dalamnya akan tetap selamat karena ketika waktu melintasnya Asteroid 1950 DA di garis edar yang sama seperti bumi itu lebih cepat beberapa saat.

Tentu saja, perdebatan terus berlanjut. Ada yang percaya bahwa kemungkinan kiamat terjadi ketika Asteroid 1950 DA itu menabrak bumi, ada pula yang mengatakan bahwa tidak mungkin benda langit itu hancurkan planet ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar