08 Agustus 2014

Sebelum Jilboobs, di Bandung ada jilbab lepet untuk yang seksi

Muncul istilah Jilboobs di media sosial. Ini sindiran untuk wanita yang mengenakan jilbab tapi mengenakan busana ketat memperlihatkan lekuk tubuh. Istilah Jilboobs muncul baru-baru ini. Tetapi fenomena wanita yang mengenakan busana jilbab tapi seksi ini memang sudah lama. Di Bandung, beberapa tahun lalu muncul istilah jilbab lepet.

Lepet adalah makanan sejenis lontong atau arem-arem. Bahannya nasi dibungkus ketat dengan daun pisang. Dari situlah istilah jilbab lepet berasal. Berjilbab tapi pakaiannya serba ketat.

"Istilah ini sudah muncul dari tahun 2000an. Yang pernah kuliah di Bandung pada awal 2000an pasti tahu istilah jilbab lepet ini," kata Leni, seorang warga Bandung saat berbincang dengan merdeka.com, Kamis (7/8).

Biasanya jilbab lepet ini bercelana dan berbaju ketat, kerudungnya diikat sehingga tak menutupi dada.

"Biasanya kalau di kampus memang rata-rata yang pertama belajar mengenakan jilbab. Tapi biasanya kebanyakan berproses menjadi syari seiring dengan kesadaran," lanjut Leni.

Sosiolog UIN Syarif Hidayatullah menyebut rata-rata pemakai jilbab seperti ini baru belajar memakai jilbab. Musni menilai mereka tak bisa terlalu disalahkan karena masih dalam proses berhijab. Namun alangkah baiknya secara pelan-pelan mereka memperbaiki busana sehingga syari.

"Ini sisi perbedaan dari kaum muda yang punya kreasi baru. Sebaiknya tidak menonjolkan hal-hal yang bisa memancing birahi dari laki-laki," kata Musni.

Artikel terkait :

Video Jilboobs yang Menggemparkan

Pemakai Jilboobs seksi karena masih ingin dikagumi pria

Heboh istilah Jilboobs di media sosmed, berjilbab tapi seksi

1 komentar: