10 Maret 2015

Ini 5 Tips Agar Smartphone Tahan Lama

Smartphone atau telepon pintar baru terus bermunculan. Mulai dari kelas pemula hingga premium. Meski smartphone baru terus muncul, rasanya berat (di kantong) untuk terus-menerus berganti smartphone. Namun, tak jarang kita mengalami smartphone bermasalah. Dalam hitungan bulan, ponsel pintar kita ngadat. Berikut lima cara agar smartphone kita tahan lama.

1. Waspadai malware/virus
Belakangan, malware atau virus memiliki daya rusak yang dahsyat. Seperti diketahui, ponsel memiliki banyak data sensitif.

Karenanya, waspadalah. Selalu berhati-hati saat menginstal aplikasi. Menginstal anti-virus sangan disarankan.

2. Hindari suhu ekstrem
Yang sering terjadi adalah kita meninggalkan ponsel di dalam mobil atau dashboard mobil di bawah teriknya matahari. Ponsel pintar sangat sensitif dengan suhu. Terlalu panas atau dingin akan membuat ponsel terganggu kinerjanya.

Ponsel bisa bekerja secara optimal pada suhu 20-26 derajat Celcius.

3. Beri ruang pada memori internal
Sebesar apapun memori internal ponsel, berilah ruang. Jangan penuhi memori internal. Pindahkan aplikasi dan data ke memory luar agar ponsel bekerja dengan baik.
Tanpa memory internal yang cukup, ponsel akan bekerja tidak normal yang bisa berbuntut mogok bekerja.

4. Hati-hati melakukan rooting
Biasanya pengguna melakukan rooting agar ponsel memiliki kemampuan yang lebih mumpuni. Hal itu tak akan menjadi masalah jika dilakukan dengan benar dan tidak sembarangan.

5. Perhatikan slot microUSB
Seringnya kita menggisi baterai kadang bisa membuat kontak yang dihasilkan tak selalu pas. Jika tidak hati-hati, misalnya saja menekan terlalu kencang, bisa menyebabkan colokan rusak. Kerusakan bagian ini merupakan salah satu kerusakan yang sulit diperbaiki.


Sumber: Suara.com

1 komentar: