1 Turis Tewas, 2 Hilang di Pantai Selatan

Headline
Sukabumi - Seorang wisatawan tewas dan dua wisatawan hilang terbawa gelombang laut di pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Selasa (21/8/2012) sore.

Ketiganya mengalami kecelakaan laut (laka laut) saat berenang bersama para wisatawan di dua lokasi berbeda, yakni Pantai Karang Hawu I Kecamatan Cisolok dan Pantai Cempaka Ratu Kecamatan Cikakak.

"Hari ini kami mendapatkan informasi, satu wisatawan tewas dan sudah ditemukan. Sedangkan dua wisatawan lainnya hilang," kata Wakil Ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu, Yanyan Nuryanto saat dihubungi INILAH.COM, Selasa (21/8/2012).

Menurut Yanyan hasil pendataan hingga Selasa petang tercatat sebanyak 33 kasus laka laut dengan lokasi di pantai sepanjang 17 kilometer, dari Pantai Palabuhanratu hingga Cibangban. Diantaranya 1 wisatawan tewas, 2 wisatawan hilang dan 30 wisatawan lainnya berhasil diselamatkan.

"Kami saat ini masih melakukan pendataan dan identifikasi keseluruhan agar lebih lengkap. Karena seperti biasanya kami selalu melakukan evaluasi," ujarnya.

Yanyan menambahkan, untuk dua wisatawan yang hilang terjadi di dua tempat kejadian musibah (TKM) berbeda, yakni Pantai Karang Hawu I dan Pantai Cempaka Ratu. Sedangkan untuk yang meninggal dunia terjadi di Pantai Cempaka Ratu.

"Sebenarnya Pantai Cempaka Ratu itu bukan objek pantai untuk wisata, namun karena arus lalu lintas macet para wisatawan akhirnya memanfaatkan pantai tersebut. Saat kejadian ada lima orang terseret arus, tiga selamat, satu hilang dan satu meninggal dunia," tambah Yanyan.