Tujuan Wisata Paling Bersih di Dunia

sydney
Kota yang bersih pasti nyaman untuk dijadikan tempat tinggal, bahkan merupakan salah satu magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung. Banyak kota-kota di dunia yang tampak bersih sekaligus nyaman bagi penikmat wisata alam dan lainnya untuk berkunjung bukan hanya sekali namun berkali-kali karena kebersihannya yang selalu terjaga dari masa ke masa.
Selain menarik untuk dikunjungi karena kaya akan objek wisata yang menarik, berbagai kota berikut ini juga menyandang kota yang bersih dan nyaman untuk dikunjungi.
 
Phitsanulok, Thailand
phitsanulok
Adalah sebuah kota di utara Thailand yang pernah mendapatkan predikat kota terbersih se-Asia Tenggara dengan julukan The City of Recycling. Strategi dewan kota dalam menjaga kebersihan kota ini adalah dengan cara mendirikan Unit Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat dan Pengelolaan Limbah Padat, karena kebersihan merupakan tanggung jawab bersama di semua elemen masyarakat yang hidup di kota ini. Kota ini juga memiliki banyak tempat wisata seperti Thai Bird Garden, Taman Nasional Phu Soi Dao, City Pillar Shrine dan masih banyak lainnya.

Balikpapan, Indonesia
balikpapan
Di Indonesia, nama Balikpapan sudah tidak asing ditelinga kita. Kota ini dikenal sebagai penghasil minyak bumi yang terbesar dan memiliki julukan lain sebagai clean land dengan tingkat kebersihannya peringkat kedua di Asean (setelah kota Phitnasulok, Thailand). Kebersihan kota Balikpapan juga didukung oleh pemerintah yang mengalokasikan 52% kotanya sebagai ruang hijau terbuka. Tempat ini juga mulai dilirik oleh wisatawan asing dan lokal karena didukung oleh faktor pariwisatanya seperti Bukit Bengkirai dan Semboja.

Singapura, Singapura
singapura
Siapa yang tidak kenal dengan kemasyuran Singapura sebagai salah satu kota terbersih di dunia. Dengan peraturan yang sangat ketat tentang kebersihan, membuat kota ini menjadi kota yang disiplin dalam mendidik masyarakatnya. Tanda laranganpun banyak terpampang di sepanjang sudut kota, bahkan untuk mengunyah permen karet saja dilarang di kota ini. Disepanjang jalan Orchard Road kita dapat merasakan sejuknya udara kota bahkan sesekali tidak jarang kita melihat burung-burung dengan bebasnya berterbangan di tengah kota. Selain itu, Singapura juga dikenal sebagai surganya tempat belanja yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Sydney, Australia
sydney
Menurut CIA World Factbook, kota Sydney di Australia adalah satu-satunya kota yang menawarkan harapan hidup tertinggi pada usia 81 tahun. Dikarenakan iklim di kota ini yang cerah serta terdapat lima taman nasional utama yang berada disekitar kota sehingga memberikan kontribusi udara yang sehat bagi para penduduknya. Selain itu kota ini juga banyak menawarkan spot wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti Opera Sydney House atau Jembatan Harbour yang telah lama menjadi ikon kota.

Curitiba, Brazil
curitiba
Jika mendengat nama Rio De Janeiro pasti terbayang dibenak Anda adalah bukit-bukit perumahan kumuh yang menjadi ikon kota tersebut. Namun jangan bayangkan kepadatan tersebut ketika mendengar kota Curitiba di Brazil, karena kota ini termasuk dalam jajaran kota terbersih yang pernah ada di dunia. Dengan kebijakan pemerintah untuk meluaskan ruang hijau hingga mencapai 50 km persegi per-penduduk, Curitiba pernah mendapatkan gelar The Most Innovative City in The World karena keberhasilan pemerintahnya dalam merubah image Curitiba yang tadinya kumuh menjadi salah satu kota terindah dan bersih di dunia.

Zurich, Swiss
zurich
Kota terbesar yang merupakan pusat perdagangan di Swiss ini juga termasuk dalam salah satu kota terbaik dalam menjaga kebersihan. Berdasarkan survey langsung konsultan dari Mercer, selain karena keindahan struktur perkotaannya, kota Zurich juga terjada dari berbagai polusi dan memiliki kualitas udara yang bersih serta lalu lintas yang terkenal sangat disiplin. Kota ini juga terkenal memiliki banyak kebun dan taman yang terletak di tengah kota untuk sekedar berjalan dan bersepeda bagi warganya. Ini merupakan sarana pendukung gaya hidup sehat bagi para penduduk kota Zurich.

Reykjavik, Islandia
reykjavic
Kota ini tercatat sebagai kota dengan tingkat penderita penyakit yang sangat rendah. Bahkan karena kebersihannya, sampai saat ini belum ada pasien atau warga Reykjavik yang mengeluhkan terkena virus H1N1. Uniknya, setiap orang di negara ini diwajibkan untuk bisa berenang, karena Islandia merupakan negara pulau disebelah timur Greenland dan disebelah utara Samudra Atlantik dan memiliki kekayaan panas bumi yang bagus untuk kesehatan. Sehingga tempat ini merupakan tempat yang sangat ideal bagi Anda yang pecinta olah raga renang. Kota ini juga terbebas dari kemacetan lalu lintas dan memiliki polusi udara yang sangat rendah.