Dua Gol Chicharito Antar MU ke Babak Kelima Piala FA

Manchester United berhasil melangkah ke babak kelima Piala FA setelah mengalahkan Fulham 4-1 di Stadion Old Trafford, Sabtu atau Minggu (27/1/2013) dini hari WIB. Kemenangan Setan Merah ini tidak terlepas dari penampilan gemilang Javier Hernandez yang sukses memborong dua gol.

MU mampu unggul terlebih dulu melalui gol yang diciptakan Ryan Giggs dari titik putih saat laga baru berjalan tiga menit. Wasit Mark Clattenburg menunjuk titik putih begitu Aaron Hughes kedapatan menyentuh bola saat berusaha menghalau sepak pojok tim tuan rumah.  Giggs yang tampil algojo sukses menjaringkan bola ke sisi kiri gawang Fulham meskipun bola sempat ditepis oleh kiper Mark Schwarzer.

Fulham berusaha bangkit. Dengan mengandalkan umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki, tim besutan Martin Jol ini berusaha membongkar pertahan Setan Merah. Wayne Rooney dan kawan-kawan mengatasinya dengan melakukan pressing ketat, serta melakukan serangan balik yang cepat begitu Fulham kehilangan bola.

Serangan MU nyaris membuahkan hasil pada menit ke-20. Anderson dengan cerdik mengirimkan bola kepada Nani di dalam kotak penalti. Gelandang asal Portugal tersebut kemudian meneruskan bola tersebut kepada Rooney. Berhasil menguasai bola, Rooney melepaskan tembakan keras. Apes, tembakan Rooney membentus mistar setelah sempat ditepis oleh  Schwarzer.

Rooney kembali mencoba peruntungannya pada menit ke-25. Dari luar kotak penalti, pemain asal Inggris itu melepaskan tembakan keras ke sisi kanan gawang Fulham. Namun, Rooney kembali dibuat gigit jari karena Schwarzer dengan sigap masih bisa membaca arah bola.  Schwarzer memang membuat Rooney frustasu setidaknya hingga menit ke-31. Rooney berhasil menjangkau bola dan melepaskan tembakan keras dari sudut sempit dengan memanfaatkan umpan silang Rafel. Sayangnya, usaha Rooney lagi-lagi berhasil digagalkan Schwarzer.

Sepuluh menit jelang turun minum, MU mampu mendominasi pertandingan. Mereka menekan lawan dengan serangan cepat. Sementara serangan balik yang dibangun Fulham belum mampu membuat ancaman serius ke gawang David De Gea. Hal ini berkat kesigapan MU memotong serangan Fulham dan mereka juga langsung cepat bertahan begitu mendapatkan serangan. Meski begitu, kedua tim tak mampu mencetak gol hingga wasit meniup peluit tanda istirahat.

Penantian Rooney akhirnya terbayarkan setelah ia mencetak gol pada menit ke-50. Anderson dengan cerdik mengirimkan umpan terobosan kepada Rooney. Begitu menguasai bola, pemain yang pernah membela Everton ini merangsek ke dalam kotak penalti lawan. Sukses mengecoh Hughes, Rooney berhasil menyerangkan bola ke sisi kiri gawang, menaklukkan Schwarzer.    

Dalam tempo dua menit, Rooney kembali menjadi aktor penting di balik gol yang diciptakan Javier Hernandes. Tembakan Rooney menghasilkan kemelut setelah bola membentur salah satu pemain lawan di depan gawang Fulham. Hernandez dengan cekatan menyongsong bola dan gol.

Penampilan Hernandez layak mendapatkan acungan jempol pada laga ini. Chicharito kembali berhasil mencetak gol pada menit ke-65. Gol berawal dari umpan terebosan Giggs yang berhasil dikuasai oleh Hernandez. Penyerang muda asal Meksiko tersebut berasil masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan keras dengan kaki kanannya.

Bola tembakan Hernandez membuat Schwarzer terkecoh karena si kulit bulat berubah arah setelah sempat membentur kaki Hughes, sebelum bersarang di gawang Fulham. MU pun unggul 4-0.  

Namun, Fulham mencetak gol balasan pada menit ke-76. Memanfaatkan sepak pojok, Hughes berhasil menanduk bola masuk ke gawang De Gea. Itu menjadi satu-satunya gol yang berhasil diciptakan Fulham.

Tak berselang lama, Rooney kembali sukses menaklukkan Scwarzer. Sayang, gol tersebut dianulir karena Clattenburg menilai Rooney sudah terperangkap offside sebelum mencetak gol.

Terlepas dari itu, MU mampu menjaga keunggulannya 4-1 hingga laga usai.   

Susunan Pemain
MU:
1-David De Gea; 2-Rafael, 3-Patrice Evra, 4-Phil Jones, 12-Chris Smalling; 8-Anderson (Kagawa 71), 11-Ryan Giggs (Valencia 71), 16-Michael Carrick (Scholes 61), 17-Nani, 10-Wayne Rooney, 14-Javier Hernandez
Pelatih: Sir Alex Ferguson

Fulham: 1-Mark Schwarzer; 3-John Arne Riise, 5-Brede Hangeland, 6-Chris Baird (Karagounis 46), 18-Aaron Hughes, 27-Sascha Riether; 7-Steve Sidwell, 16-Damien Duff (Rodallega 61), 31-Alexander Kacaniklic; 9-Dimitar Berbatov, 11-Bryan Ruiz (Dejagah 70)
Pelatih: Martin Jol

Wasit:
Mark Clattenburg