Madrid Tunggu Barca atau Malaga di Semifinal

Real Madrid memastikan diri lolos ke semifinal Copa del Rey setelah menahan imbang Valencia 1-1 pada leg kedua semifinal Copa del Rey di Stadion Mestalla, Rabu atau Kamis (24/1/2013). Pada pertemuan pertama, Madrid menang 2-0 di Stadion Santiago Bernabeu.

Kemenangan pada leg pertama ternyata tak membuat Madrid puas. Buktinya, Pelatih Jose Mourinho masih menurunkan skuad terbaik saat bertandang ke markas Valencia pada leg kedua ini.

Namun, Madrid sempat dibuat khawatir dengan cedera yang menimpa kiper sekaligus kapten Iker Casillas pada menit ke-14. Alhasil, tiga menit berselang, Casillas harus ditarik keluar dan digantikan Antonio Adan.

Kendati demikian, Madrid tetap mendominasi pertandingan. Setelah serangan Madrid kerap gagal pada babak pertama, satu menit jelang bubaran Karim Benzema mampu mengoyak jala El Che yang dikawal Vicente Guaita.

Menerima sodoran umpan Xabi Alonso, Benzema dengan dingin melepaskan tembakan yang mulus melesak masuk ke gawang Valencia. Madrid unggul 1-0 pada babak pertama sekaligus memperlebar agregat menjadi 3-0.

Baru enam menit babak kedua berlangsung, Madrid harus bermain dengan sepuluh pemain akibat kartu kuning kedua yang diterima Fabio Coentrao karena menyentuh bola dengan tangannya.

Hal ini bisa dimanfaatkan Valencia dengan baik. Tendangan bebas Tino Costa menghujam gawang Adan untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Butuh gol lebih banyak, Valencia sempat kembali diuntungkan dua menit jelang laga berakhir. Kali ini, Angel di Maria menerima kartu merah oleh wasit.

Akan tetapi, Valencia gagal memaksimalkan sisa waktu singkat yang tersisa. Skor tetap 1-1 dan Madrid unggul agregat 3-1 atas Valencia.

Keberhasilan ini membawa Madrid melangkah ke semifinal Copa del Rey. Di semifinal, Madrid akan menunggu pemenang antara Barcelona dan Malaga. Pada pertemuan pertama, kedua tim berbagi angka sama 2-2.

Susunan pemain
Valencia (4-2-3-1):
13-Vicente Guaita; 12-Joao Pereira, 18-Victor Ruiz, 4-Adil Rami, 3-Aly Cissokho; 20-Ricardo Costa, 24-Tino Costa; 15-Jonathan Viera, 7-Jonas Goncalves (23-Sergio Cabales 70), 17-Andres Guardado (10-Ever Banega 46); 16-Nelson Haedo Valdez
Pelatih: Ernesto Valverde

Madrid (4-2-3-1): 1-Iker Casillas (13-Antonio Adan 17); 17-Alvaro Arbeloa, 18-Raul Albiol, 2-Raphael Varane, 5-Fabio Coentrao; 14-Xabi Alonso, 6-Sami Khedira; 22-Angel di Maria, 10-Mesut Oezil (27-Nacho Fernandez 53), 7-Cristiano Ronaldo; 9-Karim Benzema (19-Luka Modric 74)
Pelatih: Jose Mourinho