Messi cetak rekor baru, tapi Barca gagal menang dari Celta

Review: Celta Gagalkan Kemenangan Barca
Barcelona FC bertandang ke Estadio de Balaidos untuk menantang tuan rumah Celta Vigo pada Minggu (31/03). Laga ini digelar dalam lanjutan La Liga jornada ke 29.

Messi berhasil membuat sejarah dengan kembali mengukir rekor, tetapi Barca gagal menang. Keunggulan Barca hanya bisa bertahan sampai menit 88 dan Celta memaksakan hasil imbang.

Pekan ini nampaknya menjadi pekan penuh rotasi bagi kebanyakan tim besar. Jadwal padat nan berat yang menunggu memaksa setiap pelatih untuk menjaga kebugaran setiap pemainnya. Barca juga melakukan banyak perubahan dalam starting line up mereka.

Meski melakukan banyak perubahan, Barca tetap tampil perkasa. Mereka langsung mengambil kendali permainan sejak awal pertandingan. Walau demikian, justru Celta yang memperoleh gol pertama pada menit ke 12 meski kemudian dianulir oleh wasit karena Fernandez sudah terjebak offside.

Di bawah tekanan Barca, Celta akhirnya bisa benar-benar unggul pada menit ke 38. Natxo Insa menyambar bola liar dari tendangan Fabian Orellana untuk menaklukkan Jose Pinto. 1-0 untuk Celta.

Barca hanya butuh lima menit untuk menyamakan kedudukan. Messi mengirim umpan terobosan dan Cristian Tello yang terbebas dari jebakan offside bisa memanfaatkannya untuk melepas tembakan keras ke gawang Javi Varas. Babak pertama diakhiri dengan skor 1-1.

Barca semakin giat menyerang saat memasuki babak kedua. Besarnya dominasi Barca dalam hal ball possession baru bisa berbuah hasil pada menit ke 73. Lionel Messi yang sudah menyerahkan ban kapten kepada Andres Iniesta akhirnya bisa mencetak gol dalam laga ini.

Menerima umpan tarik Tello mampu menjebol gawang Varas dengan tendangan first time. Sebagai catatan, gol ini adalah cukup bersejarah bagi Messi. La Pulga telah mencetak gol ke gawang semua lawan di La Liga. Hebatnya, Messi melakukannya secara beruntun.

Sayang bagi Barca, kemenangan yang sudah di depan mata lepas pada menit ke 88. Fabian Orellana kembali menjadi arsitek dengan mengirim umpan manja yang bisa diselesaikan dengan heading keras oleh Borja Oubina.

Hasil ini tak memengaruhi peringkat Barca di klasemen sementara. Mereka masih berkuasa, unggul sementara 14 poin dari Real Madrid. Namun keunggulan itu bisa dipangkas menjadi 11 poin jika Madrid bisa menang melawan Real Zaragoza.

Celta untuk sementara naik satu peringkat ke posisi 18 klasemen sementara. Hasil imbang ini akan menjadi modal positif bagi mereka untuk meningkatkan mental bertanding demi menghindari degradasi.

Statistik Celta Vigo - Barcelona
Penguasaan bola: 30% - 70%
Shot (on goal): 8 (3) - 8 (3)
Corner: 5 - 9
Pelanggaran: 15 - 12
Offside: 6 - 5
Kartu kuning: 4 - 3
Kartu merah: 0 - 0

Susunan pemain Celta Vigo: Varas; Jony, Cabral, Demidov, Roberto Lago; Pranjic (De Lucas, 69'), Oubina, Insa (Madinda, 81'), Augusto, Orellana; Park (Bermejo, 61').

Susunan pemain Barcelona: Pinto; Dani Alves, Pique, Bartra, Montoya; Song, Fabregas (Busquets, 84'), Thiago (Iniesta, 65'); Alexis (Villa, 68'), Messi, Tello.


Lihat Klasemen, Hasil & Jadwal La Liga Spanyol