Selamat Datang di La Liga, Neymar!

Headline
Barcelona akhirnya menjadi pemenang dalam perburan Neymar. Namun sejatinya, Barca memang tak perlu bersusah-payah untuk mendapatkan pemain berusia 21 tahun itu.



Neymar da Silva dos Santos Junior rupanya sejak awal hanya punya satu tujuan jika meninggalkan klubnya, Santos. Ia jatuh cinta kepada Barcelona sejak pertama kali bertemu dan meminta Blaugrana membawanya pergi.

Pertemuan pertama keduanya terjadi pada tahun 2011 saat Santos melawan Barcelona di final Piala Dunia Antarklub. Barca menang 4-0 kala itu dan Neymar memuji, “Barca mengajari kami cara bermain sepak bola.”

Dilansir Marca, beberapa sumber membenarkan bahwa penyerang Timnas Brasil itu mencari-cari kesempatan bertemu pelatih Barca kala itu, Josep Guardiola, dan berkata, “Bawa saya ke Barca.”
Padahal kala itu, sejumlah klub sudah mengincarnya, termasuk Manchester United, Paris Saint-Germain dan rival bebuyutan Barca, Real Madrid.

Rekan setimnya, Ganso, pun bercerita bahwa Neymar sempat berkata bahwa ia “ingin sekali bermain untuk Barcelona, walau hanya dalam satu pertandingan saja.”

Kini, impian pemain yang telah mengantar Santos menjuarai Campeonato Paulista (liga kasta tertinggi di Brasil) tiga kali beruntun sejak 2010 itu terwujud. Tak hanya sekali, Neymar bisa bermain untuk Barca selama lima tahun ke depan.

Sang pemain pun tak kuasa menahan rasa harunya setelah impiannya tercipta. Sebelum kick off pada laga terakhirnya bersama Santos, Neymar, yang bermain selama 90 menit pada laga yang berakhir imbang 0-0 itu, menitikkan air mata. Ia akan meninggalkan Santos setelah membela tim elit Brasil itu selama 230 pertandingan.

“Ini adalah impian yang menjadi nyata, bisa bermain untuk Barca. Saya berterimakasih kepada Tuhan untuk memungkinkan ini terjadi. Sebuah kehormatan untuk bermain bersama Lionel Messi, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.”

“Saya merasa fantastis, amat bahagia dan berterimakasih kepada Santos dan saya kini siap memikirkan Barcelona,” katanya.

Pemain kelahiran 5 Februari 1992 itu kemudian mengungkapkan bahwa rekannya di Timnas Brasil yang bermain untuk Barcelona, Dani Alves, adalah figur yang paling berpengaruh membujuknya untuk bergabung dengan Barca.

Tito Vilanova puji pilihan Neymar

Baik Neymar maupun Barcelona merahasiakan nilai transfer ini namun rumor menyebutkan jumlahnya lebih dari 54 juta Euro (682 miliar Rupiah). Sang pemain juga mendapat gaji sebesar 7 juta Euro atau sekitar 88,3 miliar Rupiah per tahun. Berapapun nilai sebenarnya, pelatih Barcelona, Tito Vilanova, yakin Neymar datang ke Camp Nou bukan karena uang.

“Saya mengucapkan selamat kepada sang pemain karena dia telah memilih proyek olahraga, bukan ekonomi. Dia pilih Barcelona karena dia suka cara mereka bermain dan yakin bisa beradaptasi,” katanya seperti dilansir Marca.

“Kami telah mengantisipasi pergerakan tim lain, kami tahu sejak satu setengah tahun lalu dan terus memantau,” kata mantan asisten pelatih Barca sejak 2008 hingga 2012 itu.

Datangnya Neymar membuat lini depan Blaugrana kian sesak. Sebelumnya sudah ada Pedro Rodriguez, Cristian Tello, Lionel Messi, David Villa dan Alexis Sanchez.

“Saat Anda punya banyak pemain top, yang paling pusing tentu saja pelatih. Dia harus mencari cara agar setiap orang mendapat kesempatan dan bisa membantu tim. Saya pernah mengalami itu sebelumnya,” pelatih berusia 44 tahun itu menambahkan.

Vilanova lalu memuji langkah manajemen Barca yang bergerak cepat untuk mengamankan calon fenomena baru di dunia sepak bola tersebut.

“Mereka (manajemen) bisa melihat bahwa dia akan menjadi pemain hebat sehingga ini menjadikan segala sesuatunya lebih mudah. Andai kami tidak cepat, kami akan rugi. Klub ini sudah bekerja dengan baik dan banyak pemain Brasil yang telah menang di sini,” katanya.

Sebelum Neymar, sejumlah penyerang kebangsaan Brasil membesarkan namanya di Barcelona. Dimulai dari Eviasto, Romario, Ronaldo, Rivaldo hingga Ronaldinho.

Neymar bakal membentuk duet paling menakutkan yang dimiliki sebuah klub bersama Lionel Messi. Pemain setinggi 174cm itu akan mulai bergabung dengan Barca usai menjalani Piala Konfederasi bersama Timnas Brasil, yang berlangsung pada 15 Juni hingga 30 Juni 2013.

Profil Neymar

Nama: Neymar da Silva Santos Junior
Tanggal lahir: 5 Februari 1992
Tempat lahir: Mogi das Cruzes, Brasil
Tinggi: 174cm
Posisi: Penyerang
Karir klub:
1999-2003 Akademi pemain muda Portuguesa Santista
2003-2009 Akademi pemain muda Santos
2009-2013 Santos (225 kali main, 136 gol)
2013- Barcelona
Karir Timnas Brasil:
2009 Brasil U-17: 3 main 1 gol
2011 Brasil U-20: 7 main 9 gol
2012 Brasil U-23: 7 main 4 gol
2010- Brasil: 32 main 20 gol

Gelar juara:
Santos:
Campeonato Paulista (3): 2010, 2011, 2012
Copa do Brasil (1): 2010
Copa Libertadores (1): 2011
Recopa Sudamericana (1): 2012
Timnas Brasil:
Kejuaraan Pemain Muda Amerika Selatan (1): 2011
Superclasico de las Americas (2): 2011, 2012
Medali perak Olimpiade: 2012