7 Kebiasaan makan yang buruk saat Ramadan

Ramadan, bulan suci bagi umat Islam telah tiba. Selama sebulan, umat Islam akan berpuasa dan menahan nafsu makan mereka. Ketika berpuasa, tentunya terdapat perubahan kebiasaan makan, yang biasanya tiga kali sehari menadi hanya dua kali pada saat berbuka dan sahur. Hal ini membuat banyak orang mulai memiliki kebiasaan makan yang buruk.
Berikut adalah beberapa kebiasaan makan yang buruk, yang seringkali dilakukan oleh kebanyakan orang saat bulan Ramadan, seperti dilansir oleh Ahlan Live (08/07).

1. Kebanyakan makan saat berbuka


Mengonsumsi terlalu banyak makanan langsung saat berbuka setelah seharian berpuasa sama seperti memberikan pekerjaan berat pada sistem pencernaan Anda dan bisa menyebabkan masalah pencernaan. Tak hanya itu, mengonsumsi terlalu banyak makanan secara langsung saat berbuka bisa menyebabkan mulas. Lebih baik konsumsi takjil atau makanan yang tak terlalu berat dan banyak terlebih dahulu, serta jaga jumlah makanan Anda jangan terlalu banyak.

2. Mengonsumsi makanan tinggi lemak

Ketika berpuasa, kebanyakan orang mulai suka mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti makanan yang digoreng, atau makanan lain yang penuh lemak dan kalori. Akan lebih baik jika Anda memanggang atau mengukus makanan sesekali untuk mengurangi asupan lemak selama bulan puasa.

3. Konsumsi garam meningkat

Terkadang tanpa sadar seseorang mengonsumsi lebih banyak garam saat berbuka atau sahur. Hal ini tak baik karena bisa membuat Anda dehidrasi serta mudah haus selama berpuasa. Padahal Anda tak diperbolehkan minum air ketika berpuasa, ini tentunya meningkatkan risiko dehidrasi Anda. Daripada garam, tambahkan bumbu dan rempah pada makanan.

4. Mengonsumsi makanan dengan gula berlebihan

Makanan dan minuman yang manis memang terlihat menggoda ketika Anda berpuasa. Ini membuat banyak orang lebih banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis ketika berbuka. Tanpa disadari, hal ini bisa menaikkan berat badan Anda. Daripada makanan atau minuman manis, lebih baik pilih air atau buah kering.

5. Mengurangi konsumsi buah dan sayur

Meski berpuasa, jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayur dengan teratur. Pastikan Anda memiliki salad atau buah untuk memulai makan atau cemilan. Mengonsumsi buah dan sayur memastikan bahwa kebutuhan vitamin dan mineral Anda terpenuhi.

6. Kurang minum

Rasa lapar membuat orang kalap dan terlalu banyak memasukkan makanan pada sistem pencernaan hingga terkadang mereka lupa mengonsumsi air. Jadi, sebelum mengonsumsi apapun, coba berbuka dengan cairan atau air. Pastikan Anda mengonsumsi enam sampai delapan gelas air setiap hari.

7. Melewatkan sahur

Sahur adalah makan yang penting untuk mengisi tubuh dengan energi dan memenuhi cairan tubuh selama berpuasa. Pilih makanan yang serat saat sahur untuk menurunkan kecepatan pembakaran kalori dan pelepasan energi. Selain itu, konsumsi makanan yang kaya protein saat sahur agar tak mudah lapar.
Itulah beberapa kesalahan dan kebiasaan buruk dalam hal makan ketika seseorang berpuasa.