Hasil Lengkap Liga Primer Inggris Sabtu (21/9/13)

Headline
Enam pertandingan Liga Primer Inggris digelar pada Sabtu malam (21/5/13) WIB. Hasil yang mengejutkan di Anfield membuat konstelasi di papan atas berubah.

Total 12 tim bertarung malam tadi, diantaranya adalah pemuncak klasemen, Liverpool, dan salah satu favorit juara, Chelsea. Liverpool menjamu Southampton di Anfield sementara The Blues menjamu Fulham di Stamford Bridge.

Tim kuda hitam Everton menjalani laga berat dengan bertandang ke kandang West Ham United.
Partai lainnya adalah Newcastle United menjamu Hull City, Norwich City menghadapi tamunya Aston Villa serta Sunderland, yang bertandang ke West Bromwich Albion. Berikut hasil lengkapnya:

Liverpool vs Southampton

Headline

Tanpa Philippe Coutinho, yang harus absen setidaknya selama enam pekan setelah menjalani operasi pada Kamis pekan ini, membuat Liverpool minim kreatifitas. Alhasil, The Reds harus bertekuk lutut di depan pendukungnya sendiri akibat gol tunggal yang dicetak Dejan Lovren.

The Reds sebenarnya mengawali laga dengan percaya diri, melepaskan empat tembakan ke gawang dan hanya memberikan satu kesempatan untuk lawan di babak pertama.

Namun situasi berbalik 180 derajat di babak kedua. Berhasil membaca alur serangan The Reds yang monoton, Southampton mulai membombardir gawang lawannya. Total enam tembakan berhasil mengarah ke gawang, termasuk yang berbuah gol lewat sundulan Lovren. Sementara Liverpool hanya mampu melepaskan satu tembakan ke gawang.

Dengan hasil ini, Liverpool tergeser ke peringkat dua dengan 10 poin dari lima laga, kalah selisih gol dari Chelsea. Posisi The Reds masih rawan tergusur karena masih ada enam tim dengan poin tujuh hingga sembilan, yang baru menjalani empat laga.

Chelsea vs Fulham

Headline

Chelsea akhirnya kemenangan pertamanya dari dua laga terakhir dengan mengalahkan Fulham 2-0.
Meski dikritik fans, pelatih Chelsea, Jose Mourinho, tetap enggan menurunkan Juan Mata. Mou lebih memilih Oscar untuk bermain di belakang penyerang tunggal Samuel Eto’o.

Keputusan tersebut terbukti jitu. Oscar mencetak gol pembuka, yang kemudian digandakan Jon Obi Mikel.

Dengan hasil ini, The Blues naik ke peringkat pertama dengan 10 poin dari lima laga, unggul selisih gol dari Liverpool. Sama seperti The Reds, posisinya juga masih bisa tergusur oleh enam tim yang telah mengantongi tujuh hingga sembilan poin dan baru menjalani empat laga.

Norwich City vs Aston Villa

Headline

Aston Villa meraih tiga poin dari Carrow Road, kandang Norwich City, berkat gol tunggal yang dicetak Libor Kozak.

Pertandingan berjalan cukup terbuka. Norwich City melepaskan 15 tembakan dengan dua diantaranya mengarah tepat ke gawang, sementara The Villans melepaskan 20 tembakan, empat diantaranya mengarah ke gawang. Namun dari segi penguasaan bola, Norwich unggul 64 persen berbanding 36 persen.

Keberuntungan menaungi Aston Villa pada laga ini. Robert Snodgrass gagal mengeksekusi penalti yang didapat pada menit keenam. Dengan kemenangan ini, Villa sementara bertengger di posisi ke-12 dengan enam poin dari lima laga. Norwich di tempat ke-17 dengan empat poin.


Newcastle United vs Hull City

Headline Laga seru tersaji di Stadion St. James’ Park, kandang Newcastle United. Lima gol tercipta saat tuan rumah takluk 2-3 di tangan Hull City.

Penyerang Loic Remy membawa Newcastle unggul lebih dulu pada menit ke-10. Hull membalas lewat Robert Brady pada menit ke-26. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk Newcastle setelah Remy mencetak gol kedua pada menit ke-44.

Hull berhasil mencetak dua gol di babak kedua lewat Ahmed Elmohamady (48') dan Sone Aluko (76').
Dengan kemenangan ini, Hull naik ke peringkat 10 dengan tujuh poin dari lima laga, sementara Newcastle satu tingkat di bawahnya, kalah selisih gol.


West Bromwich Albion vs Sunderland

Headline
Menjamu Sunderland di The Hawthorns, West Bromwich menang telak 3-0. Sepanjang 90 menit laga, tim tamu tak diberi kesempatan melepaskan tembakan ke arah gawang. Dari tujuh tembakan yang dilepaskan Sunderland, tak satupun yang perlu ditepis kiper Boaz Myhil.

Sebaliknya, tuan rumah melepaskan empat tembakan ke gawang dari total 17 tembakan. Tiga diantaranya berbuah gol, masing-masing dicetak Liam Ridgewell (76’), Stephan Sessegnon (20’) dan Morgan Amalfitano (90’+3’).

Dengan kemenangan ini, West Brom berhak menghuni peringkat ke-13 dengan lima poin dari lima laga. Sementara Sunderland di dasar klasemen dengan satu poin dari lima laga.


West Ham United vs Everton

Headline
Semangat pantang menyerah ditunjukkan Everton saat mengalahkan West Ham United di kandangnya, Upton Park. Perginya Marouane Fellaini ke Manchester United sepertinya tak terlalu mempengaruhi permainan tim Everton.

The Toffees sempat tertinggal lewat gol Ravel Morrison (31’). Leighton Baines menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetaknya pada menit ke-62, namun West Ham kembali unggul lewat penalti Mark Noble (76’). Everton memastikan kemenangan berkat gol kedua Leighton Baines (83’) dan Romelu Lukaku (85’).

Tambahan tiga poin membawa Everton ke peringkat kelima dengan sembilan poin dari lima laga. Sementara West Ham di tempat ke-14 dengan lima poin.


Jadwal Pertandingan Minggu (22/9/13) malam WIB

Klasemen pekan kelima baru bisa dipastikan setelah empat laga lainnya bergulir pada Minggu malam WIB. Salah satu yang paling ditunggu adalah derbi Manchester antara City melawan United.
Keduanya mengumpulkan nilai sama tujuh. Kemenangan bisa membawa salah satunya ke puncak klasemen.

Namun peluang terbesar menjadi milik Arsenal, yang mengantongi sembilan poin dari empat laga. Jika menang atas tamunya, Stoke City, The Gunners bakal mantap di puncak klasemen dengan selisih dua poin dari tim terdekat.

Jadwal pertandingan:
19.30 Arsenal vs Stoke City
19:30 Crystal Palace vs Swansea City
22:00 Cardiff City vs Tottenham Hotspur
22:00 Manchester City vs Manchester United