Raih Tiga Poin, Chelsea ke Puncak Klasemen

Headline
Chelsea berhasil menghentikan tren negatif dengan mengalahkan Fulham pada laga Liga Primer Inggris di Stamford Bridge, Sabtu malam (21/9/13) WIB.

Chelsea akhirnya kemenangan pertamanya dari dua laga terakhir dengan mengalahkan Fulham 2-0. Kedua gol tercipta di babak kedua lewat Oscar dan Jon Obi Mikel.

Meski dikritik fans, pelatih Chelsea, Jose Mourinho, tetap enggan menurunkan Juan Mata. Mou lebih memilih Oscar untuk bermain di belakang penyerang tunggal Samuel Eto’o. Frank Lampard berada di bangku cadangan, sementara lini tengah dikuasai Hazard, Ramires, Mikel dan Schurrle dalam skema 4-4-1-1.

Pelatih Fulham, Martin Jol, mencadangkan Hugo Rodallega. Darren Bent diduetkan dengan Pajtim Kasami di lini depan dalam skema 4-4-2.

Dengan kemenangan ini, Chelsea naik ke puncak klasemen dengan 10 poin dari lima laga, unggul selisih gol dari Liverpool.

Jalannya pertandingan

Peluang pertama pada laga ini diciptakan Steve Sidwell. Tandukan gelandang Fulham itu menyambut umpan silang Damien Duff masih terlalu tinggi.

The Blues, meski unggul dalam penguasaan bola, belum mampu menciptakan peluang hingga 10 menit laga berjalan. Justru pada menit ke-13, Fulham melontarkan ancaman keduanya lewat serangan balik.

Dari tengah lapangan, Kasami melepaskan umpan terobosan datar kepada Bent, yang berdiri sejajar, sekitar 10 meter dari luar kotak penalti. Sang penyerang dengan cepat menggiring bola hingga hingga ke dalam kotak penalti, meninggalkan dua bek lawan yang mengejarnya. Tinggal berhadapan satu lawan satu, tendangannya berhasil ditepis kiper Petr Cech.

The Blues lebih banyak memainkan bola di tengah lapangan dan memfokuskan serangan lewat kedua sayapnya, yang dikawal Schurrle di kanan dan Hazard di kiri.

Chelsea baru berhasil melepaskan tembakan ke gawang pada menit ke-20. Tandukan Ramires menyambut crossing Schurrle dari sayap kanan masih bisa dimentahkan kiper David Stockdale.

The Blues terus menguasai jalannya pertandingan dan melepaskan sejumlah tembakan ke gawang, dari Eto’o, Ramires, Hazard maupun Oscar. Namun tak satupun diantaranya yang mengarah ke gawang. 

Tiga tembakan yang dilepas dari dalam kotak penalti berhasil dihalau bek lawan. Fulham menumpuk hingga sembilan pemain di daerah pertahanannya sendiri.

Menit ke-35, Samuel Eto’o mendapat peluang dari tengah kotak penalti, namun tandukannya menyambut umpan silang Obi Mikel dari sayap kiri masih tinggi di atas mistar.

Statistik menunjukkan Chelsea unggul jauh dalam penguasaan bola sepanjang babak pertama, 63 persen berbanding 37 persen. Penguasaan bola dibangun lewat umpan-umpan pendek di lini tengah dan sesekali memainkan bola di daerah pertahanan sendiri. Praktis, Fulham tak sanggup memberikan ancaman lagi selepas peluang yang dibuat Bent.

Tepat pada menit akhir babak pertama, Hazard melepaskan umpan silang kepada bek kanan Ivanovic, yang melakukan overlap hingga ke kotak penalti lawan. Tendangannya ke sudut kiri bawah gawang masih bisa ditepis Stockdale. Hingga laga usai, kedudukan imbang tanpa gol bertahan.

Gol pembuka tercipta enam menit setelah babak kedua bergulir. Eden Hazard menggunakan skil individunya untuk menerobos ke dalam kotak penalti dari sayap kanan. Dari sudut sempit, ia melepaskan tendangan yang masih bisa ditepis Stockdale. Bola muntah jatuh di kaki Eto’o persis di depan Stockdale. Sang kiper pun masih bisa menepis tendangan penyerang Timnas Kamerun itu. Bola kemudian jatuh di kakiOscar, masih di depan kotak penalti. Kali ini, jarak Stockdale terlalu jauh dan hanya bisa pasrah saat Oscar menceploskan bola ke gawangnya. Chelsea unggul 1-0.

Menit ke-54, Fulham mendapat peluang menyamakan kedudukan lewat situasi bola mati. Sidwell berhasil memenangi duel udara dan menanduk tendangan bebas Kasami. Bola masih melebar ke sisi kiri gawang.

The Blues terus menguasai jalannya pertandingan. Para pemain Fulham pun dipaksa kucing-kucingan mengejar bola. Namun lambatnya serangan yang dibangun Chelsea membuat Fulham punya cukup waktu untuk menumpuk pemain di lini pertahanan. Hazard dkk pun kesulitan melepaskan tembakan.

Kesulitan mendapatkan peluang lewat permainan terbuka, The Blues mencari peluang lewat sepak pojok. Menit ke-83, Tandukan Torres menyambut sepak pojok dari sisi kiri pertahanan lawan ke arah tiang jauh masih bisa ditepis Stockdale. Chelsea kembali mendapatkan sepak pojok, kali ini dari sisi berlawanan.

Terry mengarahkan bola kiriman Hazard dari sepak pojok ke tengah kotak penalti. Bola sempat memantul ke tanah sebelum dikonversi menjadi gol lewat tendangan gunting Mikel. The Blues menambah keunggulan menjadi 2-0, membuat Roman Abramovich sang pemilik klub berdiri di tribun kehormatan, tertawa sambil bertepuk tangan.

Susunan pemain: 

Chelsea: Petr Cech; Ashley Cole, Gary Cahill, John Terry, Branislav Ivanovic; Eden Hazard (Kevin De Bruyne 85’), Ramires, John Obi Mikel, Andre Schurrle (Frank Lampard 80’); Oscar; Samuel Eto'o (Fernando Torres 64’). Pelatih: Jose Mourinho.

Fulham: David Stockdale; Brede Hangeland, Kieran Richardson, Sascha Riether, Fernando Amorebieta; Steve Sidwell, Alexander Kacaniklic, Damien Duff (Adel Taarabt 64’), Scott Parker; Pajtim Kasami (Hugo Rodallega 85’), Darren Bent. Pelatih: Martin Jol.