Inilah Hasil Lengkap Liga Premier Inggris Pekan Kelima

Headline
Matchday kelima Liga Primer Inggris rampung digelar Minggu malam (22/9/13) WIB. Kejutan besar terjadi pada laga bertajuk derbi Manchester.

Empat laga yang dimainkan malam tadi menggenapi enam laga yang telah dimainkan sehari sebelumnya. Chelsea, yang sempat bertengger di puncak klasemen setelah mengalahkan Fulham, harus lengser menyusul hasil hari ini.

Empat laga yang dipertandingkan malam tadi adalah Arsenal melawan Stoke City, Crystal Palace menjamu Swansea City, Cardiff City menjamu Tottenham Hotspur serta derbi Manchester antara Manchester City melawan Manchester United.

Berikut hasil lengkapnya:


Mancheser City vs Manchester United

Headline
Laga ini merupakan debut kedua pelatih, Manuel Pellegrini (City) dan David Moyes (MU), dalam salah satu derbi paling sengit di Liga Primer Inggris itu. Namun Pellegrini terbukti lebih siap secara taktik daripada rivalnya.

Menjamu MU di Stadion Etihad,City menang telak 4-1. Dua gol dicetak Sergio Aguero dan masing-masing satu dari Samir Nasri dan Yaya Toure. MU memperkecil ketinggalan lewat tendangan bebas Rooney.

Di babak pertama, MU benar-benar dibuat tidak berkutik. Hanya satu tembakan yang berhasil dilepaskan, itupun jauh dari sasaran. Sebaliknya, City berhasil mencetak dua gol lewat Aguero dan Toure. Di babak kedua, City mencuri dua gol saat laga baru berjalan lima menit.

Moyes akhirnya mengubah strategi dari 4-4-2 menjadi 4-5-1. Gelandang bertahan Tom Cleverley masuk menggantikan pemain sayap Ashley Young. Danny Welbeck, yang awalnya bertandem dengan Wayne Rooney, ditarik ke sayap sementara Rooney menjadi penyerang tunggal.

Barulah MU memberikan perlawanan sepadan. Penguasaan bola meningkat, bahkan berbalik mengungguli City saat laga usai. diiringi jumlah tembakan ke gawang. Setidaknya empat tembakan ke arah gawang tercipta dan satu tembakan membentur mistar. Rooney mencetak gol hiburan pada menit ke-87.

Kegagalan MU tak lepas dari absennya Van Persie. Sang bomber menderita cedera hanya beberapa saat sebelum laga dimulai. Welbeck, yang didapuk sebagai pengganti, tak mampu menggantikan peran Van Persie.

Dengan hasil ini, City naik ke posisi ketiga dengan 10 poin dari lima laga, sementara MU harus puas di tempat kedelapan dengan tujuh poin dari lima laga.


Crystal Palace vs Swansea City

Headline
Bertandang ke Selhurst Park, kandang Crystal Palace, Swansea tampil percaya diri. Sang Angsa unggul dari segala aspek, mulai penguasaan bola sebesar 57 persen berbanding 43 persen, jumlah tembakan ke arah gawang (shot on goal) yang dilepas, yakni tujuh berbanding satu, hingga skor yang dicetak.
Swansea unggul 2-0 berkat gol yang dilesakkan Michu pada menit kedua dan Nathan Dyer hanya tiga menit setelah babak kedua bergulir.

Dengan hasil ini, Swansea berhak duduk di peringkat kesembilan klasemen Liga Primer Inggris dengan tujuh poin dari lima laga, sementara Crystal Palace di peringkat ke-19 dengan tiga poin dari lima laga.


Cardiff City vs Tottenham Hotspur

Headline
Cardiff City membuktikan bahwa kandang mereka, Cardiff City Stadium, mampu menyulitkan tim-tim besar yang datang. Sebelumnya, mereka berhasil mengalahkan Manchester City di sana.

Tottenham Hotspur, yang bertandang ke sana pada pekan kelima, merasakan alotnya pertahanan lawan. Meski unggul telak dari segi penguasaan bola (64:36) danshot on goal(12:0), Spurs harus menunggu hingga menit ke-90+3 untuk membawa pulang tiga poin.

Menerima umpan pendek dari Erik Lamela di kotak penalti lawan, tendangan Paulinho sebenarnya masih bisa diblok kiper David Marshall. Namun gelandang Brasil itu sigap menyambar bola muntah dan menyarangkannya ke gawang. Kedudukan 1-0 untuk Spurs bertahan hingga usai.

Tambahan tiga poin membawa Spurs naik ke posisi kedua klasemen sementara dengan 12 poin dari lima laga. Hanya kalah selisih gol dari Arsenal di peringkat pertama.


Arsenal vs Stoke City

Headline
Menghadapi Stoke City yang pekan lalu menahan imbang Manchester City, pelatih Arsene Wenger kembali menurunkan tim yang sama saat pekan lalu melumat Fulham. Memasang Oliver Giroud sebagai striker tunggal yang didukung oleh trio gelandang Mesut Ozil, Jack Wilshere dan Aaron Ramsey.

Tim tamu yang diarsiteki Mark Hughes menurunkan skuad terbaiknya untuk mengimbangi The Gunner dengan mengandalkan Charlie Adam, Steven Nzonzi dan Jonathan Walters di lini tengah untuk mendukung penyerang Kenwyne Jones.

Selama 90 menit laga, The Gunners lebih menguasai jalannya pertandingan. Tiga gol Meriam London dicetak Aaron Ramsey, Per Mertesacker, dan Bacary sagna. Sementara tim tamu memperkecil lewat gol Geoff Cameron.

Dengan kemenangan ini, Arsenal berhasil mengkudeta Liverpool dari puncak klasmen sementara. The Gunners mengoleksi 12 angka hasil dari empat kemenangan dan sekali kalah.


(Hasil Sabtu) Liverpool vs Southampton

Headline
Tanpa Philippe Coutinho, yang harus absen setidaknya selama enam pekan setelah menjalani operasi pada Kamis pekan ini, membuat Liverpool minim kreatifitas. Alhasil, The Reds harus bertekuk lutut di depan pendukungnya sendiri akibat gol tunggal yang dicetak Dejan Lovren.

The Reds sebenarnya mengawali laga dengan percaya diri, melepaskan empat tembakan ke gawang dan hanya memberikan satu kesempatan untuk lawan di babak pertama.

Namun situasi berbalik 180 derajat di babak kedua. Berhasil membaca alur serangan The Reds yang monoton, Southampton mulai membombardir gawang lawannya. Total enam tembakan berhasil mengarah ke gawang, termasuk yang berbuah gol lewat sundulan Lovren. Sementara Liverpool hanya mampu melepaskan satu tembakan ke gawang.

Dengan hasil ini, Liverpool tergeser ke peringkat dua dengan 10 poin dari lima laga, kalah selisih gol dari Chelsea. Posisi The Reds masih rawan tergusur karena masih ada enam tim dengan poin tujuh hingga sembilan, yang baru menjalani empat laga.


(Hasil Sabtu) West Ham United vs Everton

Headline
Semangat pantang menyerah ditunjukkan Everton saat mengalahkan West Ham United di kandangnya, Upton Park. Perginya Marouane Fellaini ke Manchester United sepertinya tak terlalu mempengaruhi permainan tim Everton.

The Toffees sempat tertinggal lewat gol Ravel Morrison (31’). Leighton Baines menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetaknya pada menit ke-62, namun West Ham kembali unggul lewat penalti Mark Noble (76’). Everton memastikan kemenangan berkat gol kedua Leighton Baines (83’) dan Romelu Lukaku (85’).

Tambahan tiga poin membawa Everton ke peringkat kelima dengan sembilan poin dari lima laga. Sementara West Ham di tempat ke-14 dengan lima poin.


(Hasil Sabtu) Norwich City vs Aston Villa


Headline
Aston Villa meraih tiga poin dari Carrow Road, kandang Norwich City, berkat gol tunggal yang dicetak Libor Kozak.

Pertandingan berjalan cukup terbuka. Norwich City melepaskan 15 tembakan dengan dua diantaranya mengarah tepat ke gawang, sementara The Villans melepaskan 20 tembakan, empat diantaranya mengarah ke gawang. Namun dari segi penguasaan bola, Norwich unggul 64 persen berbanding 36 persen.

Keberuntungan menaungi Aston Villa pada laga ini. Robert Snodgrass gagal mengeksekusi penalti yang didapat pada menit keenam. Dengan kemenangan ini, Villa sementara bertengger di posisi ke-12 dengan enam poin dari lima laga. Norwich di tempat ke-17 dengan empat poin.


(Hasil Sabtu) Newcastle United vs Hull City

Headline
Laga seru tersaji di Stadion St. James’ Park, kandang Newcastle United. Lima gol tercipta saat tuan rumah takluk 2-3 di tangan Hull City.

Penyerang Loic Remy membawa Newcastle unggul lebih dulu pada menit ke-10. Hull membalas lewat Robert Brady pada menit ke-26. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk Newcastle setelah Remy mencetak gol kedua pada menit ke-44.

Hull berhasil mencetak dua gol di babak kedua lewat Ahmed Elmohamady (48') dan Sone Aluko (76').
Dengan kemenangan ini, Hull naik ke peringkat 10 dengan tujuh poin dari lima laga, sementara Newcastle satu tingkat di bawahnya, kalah selisih gol.


(Hasil Sabtu) West Bromwich Albion vs Sunderland

Headline
Menjamu Sunderland di The Hawthorns, West Bromwich menang telak 3-0. Sepanjang 90 menit laga, tim tamu tak diberi kesempatan melepaskan tembakan ke arah gawang. Dari tujuh tembakan yang dilepaskan Sunderland, tak satupun yang perlu ditepis kiper Boaz Myhil.

Sebaliknya, tuan rumah melepaskan empat tembakan ke gawang dari total 17 tembakan. Tiga diantaranya berbuah gol, masing-masing dicetak Liam Ridgewell (76’), Stephan Sessegnon (20’) dan Morgan Amalfitano (90’+3’).

Dengan kemenangan ini, West Brom berhak menghuni peringkat ke-13 dengan lima poin dari lima laga. Sementara Sunderland di dasar klasemen dengan satu poin dari lima laga.


(Hasil Sabtu) Chelsea vs Fulham

Headline
Chelsea akhirnya meraih kemenangan pertamanya dari dua laga terakhir dengan mengalahkan Fulham 2-0. Sebelumnya, The Blues menelan kekalahan 0-1 dari Everton di Liga Primer Inggris dan 1-2 dari Basel di Liga Champions.

Meski dikritik fans, pelatih Chelsea, Jose Mourinho, tetap enggan menurunkan Juan Mata. Mou lebih memilih Oscar untuk bermain di belakang penyerang tunggal Samuel Eto’o.
Keputusan tersebut terbukti jitu. Oscar mencetak gol pembuka, yang kemudian digandakan Jon Obi Mikel.

Dengan hasil ini, The Blues naik ke peringkat pertama dengan 10 poin dari lima laga, unggul selisih gol dari Liverpool. Sama seperti The Reds, posisinya juga masih bisa tergusur oleh enam tim yang telah mengantongi tujuh hingga sembilan poin dan baru menjalani empat laga.