Menang Atas Lazio, Roma Geser Inter dari Puncak

Headline
AS Roma sukses meraih kemenangan dalam laga Deby Della Capitale menghadapi rival sekotanya Lazio di Stadion Olimpico, Roma, Minggu malam (22/9/2013) malam WIB.

Dalam partai penuh gengsi dua klub asal ibukota Italia tersebut, baik Roma maupun Lazio sama-sama menurunkan skuad terbaiknya.

Roma yang kali ini berstatus sebagai tuan rumah, mengandalkan trisula maut Francesco Totti, Alessandro Florenzi dan Gervinho. Ketiganya disokong oleh tiga gelandang Miralem Pjanic, Daniele De Rossi dan Kevin Strootman.

Sementara di kubu Lazio, pelatih Vladimir Petkovic masih mempercayakan Miroslav Klose sebagai penggedor lini pertahanan. Posisinya didukung oleh tiga gelandang kreatif Hernanes, Senad Lulic dan Alvaro Gonzales.

Bermain imbang di babak pertama, AS Roma berhasil mencetak dua gol kemenangan lewat aksi Federico Balzaretti dan penyeranga anyarnya Adem Ljajic.

Dengan tambahan tiga angka, Roma kembali ke puncak klasmen dengan total 12 angka menggeser Inter yang sempat memimpin selama satu jam.

Jalannya Pertandingan:

Tanpa gol di babak pertama kedua tim sama-sama berniat mencetak gol kemenangan di interval kedua.

Roma berpeluang membuka keunggulan di menit ke-47. Totti yang mengambil set-piece di kanan kiri pertahanan Lazio mengarahkan bola ke Miralem Pjanic yang menyambutnya dengan sebuah sundulan, sayang bola belu menemui sasaran.

Menambah daya serang, pelatih Rudi Garcia memasukan Adem Ljajic menggantikan Alessandro Florenzi di menit ke-50. Tiga menit di lapangan, Ljajic langsung mengancam gawang Lazio. Mendapat sodoran matang Gerviho di sisi kanan kotak penalti Roma, tendangan mantan pemain Fiorentina itu masih bisa dimentahkan Marchetti.

Roma benar-benar mengurung pertahanan Lazio. Semenit berselang dari peluang Ljajic, De Rossi ikut mengancam gawang Lazio. Sayang sundulannya yang memanfaatkan sepak pojok Totti masih tak menemui sasaran.

Terus menyerang, Serigala Ibukota akhirnya menemui hasil. Memanfaatkan seppak pojok Totti di menit-63, Federico Balzaretti yang berdiri bebas di sisi kiri gawang Lazio berhasil melepaskan sebuah tendangan kaki kiri keras ke pojok kanan gawang Marchetti tanpa bisa dihalau, 1-0 Roma unggul.

Meski unggul, Roma tak menurunkan serangan, tercatat Adem Ljajic berhasil membahayakan Lazio di menit ke-67, namun kali ini Marchetti bisa mementahkan tendangan kaki kanannya.

Enam menit berselang, giliran De Rossi yang lagi-lagi membahayakan gawang Lazio. Menerima umpan matang Totti sundulang gelandang internasional Italia itu masih bisa diselamatkan Marchetti.

Menguasai 65% penguasaan bola, anak asuh Rudi Garcia itu terus mengurung pertahanan Lazio.

Roma akhirnya mendapat kesempatan mencetak gol keduanya di penghujung laga. Pelanggaran Cristian Ledesma kepada Adem Ljajic di area terlarang memaksa wasit menunjuk titik putih.

Ljajic yang maju sebagai eksekutor tak menyianyiakan kesempatan itu untuk menjadi gol, tendangannya tak bisa dibendung Marchetti sekaligus mengunci kemenangan Roma atas Lazio 2-0.

Dengan kemenangan ini Roma mengoleksi nilai 12 dan kembali menguasai puncak klasmen yang sempat diduduki selama satu jam. Serigala Ibukota hingga saat ini menjadi satu-satunya klub yang 100% meraih kemenangan.

Sementara bagi Lazio, kekalahan ini membuatnya tak beranjak dari posisi delapan dengan nilai enam.

Susunan Pemain:

AS Roma: Morgan De Sanctis; Douglas Maicon, Mehdi Benatia, Leandro Castan, Federico Balzaretti; Miralem Pjanic (Rodrigo Taddei 86'), Daniele De Rossi, Kevin Strootman; Alessandro Florenzi (Adem Ljajic 51'), Francesco Totti (Marco Borriello 90'), Gervinho. Pelatih: Rudi Garcia.

Lazio: Federico Marchetti; Luis Pedri Cavanda (Sergio Flocarri 71'), Michael Ciani (Andre Dias 78'), Lorik Cana, Abdoulay Konko; Cristian Ledesma; Antonio Candreva, Alvaro Gonzalez, Hernanes (Campos Ederson 78'), Senad Lulic; Miroslav Klose. Pelatih: Vladimir Petkovic