Menang Atas Stoke, Arsenal ke Puncak Klasmen

Headline
Arsenal berhasil meraih poin sempurna usai mengalahakan tamunya Stoke City 3-1 dalam lanjutan pertandingan Liga Primer Inggris di Emirates Stadium, London, Minggu malam (22/9/2013).

Menghadapi Stoke City yang pekan lalu menahan imbang Manchester City, pelatih Arsene Wenger kembali menurunkan tim yang sama saat pekan lalu melumat Fulham. Memasang Oliver Giroud sebagai striker tunggal yang didukung oleh trio gelandang Mesut Ozil, Jack Wilshere dan Aaron Ramsey.

Tim tamu yang diarsiteki Mark Hughes menurunkan skuad terbaiknya untuk mengimbangi The Gunner dengan mengandalkan Charlie Adam, Steven Nzonzi dan Jonathan Walters di lini tengah untuk mendukung penyerang Kenwyne Jones.

Selama 90 menit laga, The Gunners lebih menguasai jalannya pertandingan. Tiga gol Meriam London dicetak Aaron Ramsey, Per Mertesacker, dan Bacary sagna. Sementara tim tamu memperkecil lewat gol Geoff Cameron.

Dengan kemenangan ini, Arsenal berhasil mengkudeta Liverpool dari puncak klasmen sementara. The Gunners mengoleksi 12 angka hasil dari empat kemenangan dan sekali kalah.

Jalannya Pertandingan:


Bermain di depan publik Emirates Stadium, anak asuh Arsene Wenger menargetkan poin penuh untuk merebut puncak klasmen menyusul kekalahan yang diterima Liverpool saat berhadapan dengan Southampton.

Menekan sejak awal, Arsenal sudah unggul cepat di menit kelima. Aaron Remsey yang mendapatkan bola pendek dari Mesut Ozil di depan kotak penalti, melakukan penetrasi di sisi kiri area 12 pas Stoke. Aksinya diakhiri dengan tendangan kaki kiri keras yang bersarang di sisi kiri atas gawang Asmir Begovic, 1-0 Arsenal sementara unggul.

Unggul 1-0, The Gunners terus menekan, hal ini membuat kubu Stoke banyak menumpuk pemain di lini tengah. Hal ini dimaksudkan untuk mematikan pergerakan gelandang serang Arsenal.

Asik menekan, Arsenal harus kecolongan di menit ke-26. Sebuah serangan balik cepat Geoff Cameron luput dari pengawalan Per Mertesacker. Keberanian Cameron menerobos barisan bek Arsenal berhasil diselesaikannya dengan sebuah sontekan cemerlang yang tak bisa dihalau Wojciech Szczesny, skor imbang 1-1.

Gol penyeimbang tersebut ternyata menjadi pelecut Arsenal. Sepuluh menit berselang dari gol Stoke City. Per Mertesacker yang ikut naik menyerang berhasil menanduk bola hasil kiriman umpan lambung Mesut Ozil. Bola tandukannya bersarang telak di gawang Begovic, Arsenal kembali unggul.

Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Arsenal tak menurunkan tekanan. Oliver Giroud mengancam gawang Begovic saat babak kedua baru berjalan satu menit, mendapat bola sodoran Aaron Ramsey di dalam kotak penalti, Giroud melepaskan tendangan kaki kiri, sayang tendangannya masih berhasil diblok kiper.

Ozil kembali memberikan assist manisnya di menit ke-49. Kali ini giliran Serge Gnabary yang mendapat peluang, tendangan kaki kirinya masih bisa diselamatkan Begovic.

Begovic kembali tampil gemilang di menit-53 saat dirinya berhasil menahan tendangan Giroud dari luar kotak penalti.

Skor mash 2-1 untuk Arsenal.

Ozil berpeluang mencetak gol perdananya di laga kali ini. Mendapat operan pendek Wilshere di depan kotak penalti. Ozil dengan sekali kontrol melepaskan tendangan melengkung ke kiri gawang, beruntung kiper Begovic berhasil menghalau bola kiriman pemain internasional Jerman itu.

Stoke memperoleh peluang emas menyamakan angka di menit-63. Sepak pojok Stephen Ireland berhasil ditanduk Ryan Shawcroos, beruntung bola mengarah tepat dipelukan kiper Wojciech Szczesny.

Publik Emirates Stadium kembali bergemuruh di menit ke-73. Arsenal memperoleh tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Stoke. Mesut Ozil dengan manis melepaskan bola lambung yang berhasil disambut dengan sebuah sundulan tajam ke gawang Stoke, Arsenal menjauh 3-1.

Sudah yakin dengan skor 3-1, Wenger melakukan sejumlah pergantian termasuk memberikan kesempatan perdana bagi Mikael Arteta untuk kembali merumput setalah cedera sejak awal musim.

Di sisa waktu yang ada, tak ada gol lagi yang tercipta. Skor 3-1 bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini membawa Arsenal naik ke puncak klasmen dengan nilai 12 atau unggul dari Liverpool yang sempat bertahta selama empat pekan.

Susunan Pemain:

Arsenal: Wojciech Szczesny; Kieran Gibbs, Per Mertesacker, Laurent Koscielny, Bacary Sagna; Mathieu Flamini, Aaron Ramsey; Jack Wilshere (Nacho Monreal 73'), Mesut Ozil (Mikael Arteta 80'), Serge Gnabary (Ryo Miyaichi 72'); Oliver Giroud. Pelatih: Arsene Wenger.

Stoke City: Asmir Begovic; Geoff Cameron, Ryan Shawcross, Robert Huth, Erik Pieters (Wilson Palacios 67'); Jonathan Walters, Marc Wilson, Steven Nzonzi, Charlie Adam (Stephen Ireland 59'), Marko Arnautovi; Kenwyne Jones (Jermaine Pennant 75'). Pelatih: Mark Hughes.