5 Hal Nyata di Film Luar Angkasa 'Gravity'

Headline
Sudahkah Anda menonton film Gravity? Film bertemakan luar angkasa yang tengah diputar di bioskop ini ternyata memaparkan beberapa fakta. Apa saja?

Headline

Gravity bercerita tentang dua astronot NASA, yakni seorang ahli medis bernama Ryan Stone yang diperankan oleh aktris cantik Sandra Bullock dan astronot veteran Matt Kowalski yang diperankan oleh aktor George Clooney, dalam sebuah misi luar angkasa di Hubble Space Telescope.
Keduanya harus berjuang dan menemukan cara untuk kembali ke Bumi karena pesawat luar angkasa mereka terkena serpihan dan komunikasi dengan ruang misi kontrol NASA terputus.
Berikut lima hal nyata di film Gravity:


GPS bekerja di luar angkasa

Headline
Pada satu bagian cerita Di film tersebut, ahli medis NASA Ryan Stone yang diperankan oleh Sandra Bullock mengatakan 'GPS sedang down'. Faktanya GPS memang dapat menentukan koordinat lokasi bahkan di luar Bumi.
Ini dimungkinkan karena satelit GPS yang mengorbit 20 ribu di atas tanah di Bumi bahkan lebih tinggi dari Hubble Space telescope, tempat yang dituju astronot.

Detail propertinya akurat

Headline
Sang sutradara, Alfonso Cuaron membuat settingan filmnya terlihat sangat sesuai dengan aslinya.
Segala sesuatunya dari mulai koridor sempit di ISS (Stasiun Luar Angkasa Internasional) sampai dengan rancangan pesawat luar angkasa China sangat akurat, bahkan hingga pakaiannya.

Teori fisika luar angkasa

Headline
Ada beberapa teori fisika yang sesuai dengan kenyataan di film Gravity:
- Puing-puing stasiun ruang angkasa yang partikelnya terlempar segala arah
- Gerakan astronot yang khas di dalam pesawat luar angkasa

Rasi bintang akurat

Headline
Jika Anda mengamati lebih jauh, Anda akan melihat bahwa latar belakang film ini beberapa kali memperlihatkan rasi bintang yang jajarannya akurat seperti di kehidupan nyata, termasuk Orion, Pleiades dan Taurus.


Rekor spacewalking

Headline Matt Kowalski yang diperankan George Clooney akhirnya sukses memecahkan rekor spacewalking terlama, tapi sebelum berhasil melakukannya di film, ia menyebut sebuah nama, kosmonot Anatoly Solovyev.
Anatoly Solovyev adalah seorang kosmonot Rusia yang telah berkelana di luar angkasa sebanyak 16 kali dengan waktu total lebih dari 82 jam (atau sekitar tiga setengah hari) sebelum ia akhirnya pensiun. Hingga saat ini di kehidupan nyata, ia masih memegang rekor spacewalking terlama.