13 Oktober 2013

Media AS: Jokowi, Tri Rismaharini, Ridwan Kamil `Rising Star` RI

Indonesia. Negeri nan kaya berlimpah, tapi masih banyak warga melarat. Kemiskinan di mana-mana, akibat maraknya korupsi dan penyelewengan jabatan. Banyak rakyat kurang terurus. Indonesia haus akan pemimpin jujur, amanah, bekerja, bekerja, dan bekerja untuk rakyat.

Kini muncul sejumlah tokoh baru yang diyakini bisa membawa Indonesia menuju terang. Hal itu yang ditulis media Amerika Serikat Wall Street Journal (WSJ). Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, dan Walikota Bandung Ridwan Kamil disebut WSJ sebagai 'new breed' atau 'rising star'--Republik Indonesia (RI). Mereka adalah tokoh baru yang dapat memberikan harapan bagi Indonesia.

"Selama 15 tahun setelah pemerintahan Orde Baru yang kuat, yang dipimpin Soeharto, dan kurang dari 1 tahun sebelum Indonesia mengalami transisi kepemimpinan, muncul pemimpin dengan tampilan beda yang didambakan oleh lebih dari 240 juta penduduk (Indonesia)," tulis Wall Street Journal lewat artikel berjudul 'In Indonesia, a New Breed of Politician Is on the Rise', 8 Oktober 2013, seperti dikutip Liputan6.com pada Rabu (9/10/2013).

"Ada walikota, gubernur, dan teknokrat yang reputasi telah dikenal sebagai orang bersih di negara yang tengah dirundung korupsi. Mereka semakin populer dengan bermodalkan sedikit uang dan sedikit relasi dalam dunia politik yang selama ini dipimpin oleh pemimpin dari militer dan dinasti keluarga."

Pengamat politik internasional Douglas Ramage menyatakan, apa yang saat ini terjadi dalam dunia politik Indonesia sangat menarik untuk dikaji. "Tokoh-tokoh yang bersih dan transparan kini sedang meroket," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar