7 Tanya Jawab Seputar BBM for Android & iPhone

Headline
Banyak pengguna masih merasa bingung terkait penggunaan BBM for Android dan iPhone. Berikut tujuh pertanyaan yang sering muncul beserta jawabannya.

BlackBerry resmi merilis aplikasi BBM for Android & iPhone hari ini. Pengguna yang telah mendaftar jauh hari sebelumnya maupun yang baru mendaftar pada hari ini, sudah bisa mengakses layanannya dengan lancar.

Namun bagi Anda yang masih merasa bingung, berikut tujuh tanya jawab terkait BBM for Android & iPhone seperti dinukil dari blog BlackBerry:



Perangkat apa saja yang kompatibel?

Headline

BBM tersedia untuk perangkat Android dan iPhone. Untuk Android, BBM mendukung smartphone yang menjalankan Android 4.0 (Ice cream Sandwich) atau di atasnya dengan ukuran layar maksimal 7 inci.

Di atas ukuran tersebut BBM tidak kompatibel karena perangkat masuk dalam kategori tablet. Sementara untuk iPhone, BBM mendukung iPhone yang menggunakan iOS 6 atau di atasnya.


Bagaimana Cara menginstal BBM?

Headline

BBM bisa langsung diunduh via toko aplikasi online Google Play Store atau App Store. BBM bahkan juga tersedia di toko aplikasi Samsung untuk beberapa wilayah di dunia.

Anda juga bisa langsung mengakses situs BBM.com dari perangkat Anda untuk mendeteksi apakah perangkat Anda kompatibel dengan aplikasinya.

Jika kompatibel, Anda akan diarahkan ke Google Play Store ataupun App Store sesuai perangkat Anda untuk mengunduhnya secara gratis.

Secara teknis, penginstalannya sangat mudah, yakni unduh aplikasinya dan lakukan registrasi dengan email Anda. Pada titik ini, Anda akan masuk dalam daftar tunggu untuk dapat mengaksesnya hingga Anda diberi tahu via Email kapan Anda bisa menggunakan BBM.


Apakah juga ada opsi Bahasa Indonesia?

Headline

BBM for Android dan iPhone tersedia di Google Play Store dan App Store dengan lebih dari 35 bahasa yang berbeda.


Apakah BBID dan seperti apa pengaturannya?

Headline

BBID (BlackBerry ID) memberi Anda akses ke BBM dan ke semua data BBM yang disimpan. Setelah membuat BBID, Anda harus mengonfirmasi akun Anda menggunakan email terlebih dahulu.

Lakukan hal berikut untuk melihat informasi BBID Anda:

1. Pilih Konteks > Pengaturan. Nama pengguna BBID Anda adalah alamat email yang ditampilkan.

Jika Anda membuat BBID baru, kontak tidak dapat dipindahkan dari BBID sebelumnya ke BBID yang baru. Anda harus meng-invite kembali kontak Anda ke BBM jika Anda masuk dengan BBID yang berbeda.

Satu BBID hanya bisa digunakan untuk satu perangkat saja. Jika sudah digunakan di Android atau iPhone, BBM di BlackBerry tidak lagi bisa digunakan. Untuk mengatur ulang kata sandi (password) BBID, Anda bisa mengunjungi situs resmi BlackBerry.


Apakah BBM for Android & iPhone gratis?

Headline

BBM gratis untuk diunduh dan layaknya aplikasi serupa lainnya, BBM membutuhkan akses Internet yang akan terhitung dalam pemakaian data nirkabel saat Anda tidak tersambung ke jaringan WiFi.


Bagaimana cara memulihkan kontak yang sudah ada?

Headline

Untuk pengguna lama BBM, Anda dapat memulihkan kontak jika BBID Anda dikaitkan dengan smartphone BlackBerry yang menjalankan BBM 7.0 atau versi yang lebih baru.

Jika Anda masuk ke BBM menggunakan BBID tersebut, Anda akan diminta untuk memulihkan kontak. Jangan lupa bahwa BBID Anda adalah alamat email.


Apa saja fitur BBM for Android & iPhone?

Headline

Sama seperti halnya di BBM Blackberry, BBM for Android dan iPhone memiliki fitur standar BBM termasuk Broadcast Message, BBM group dan lainnya.

Namun untuk saat ini fitur seperti BBM Video hanya tersedia untuk pengguna BlackBerry 10 dan belum hadir untuk versi Android dan iPhone, begitupun halnya dengan BBM Channel yang baru tersedia untuk perangkat BlackBerry.