Inilah Hasil Lengkap Pekan Kesembilan Liga Inggris

Headline
Sebagian Matchday kesembilan Liga Primer Inggris telah bergulir sejak Sabtu malam (26/9/13) WIB. Tim-tim besar mulai menunjukkan konsistensinya, menjauh dari kejaran tim medioker.

 
Liga Primer Inggris sebagai liga paling populer di dunia kembali menyajikan pertandingan-pertandingan menghibur. Dari enam laga yang dipertandingkan pada Sabtu malam WIB, tercipta 16 gol. Hanya satu laga yang berakhir imbang, yakni Norwich City melawan Cardiff City.

Dari enam laga tersebut, tiga diantaranya menampilkan tim-tim favorit juara, yakni pemuncak klasemen Arsenal, peringkat kedua Liverpool serta raksasa yang sedang terluka Manchester United. Berikut hasil-hasil lengkapnya:

Crystal Palace 0-2 Arsenal: Kokoh di Puncak

The Gunners memperkokoh posisi di puncak klasemen dengan meraih kemenangan 2-0 di Selhurst Park, kandang Crystal Palace. The Gunners unggul jauh dalam penguasaan bola, sebesar 62 persen. Namun tak demikian halnya dengan jumlah tembakan ke gawang.

Palace sempat melepaskan 13 tembakan, empat diantaranya mengarah ke gawang. Arsenal cuma 10 tembakan, dengan empat mengarah ke gawang. Kalah dari segi kuantitas, The Gunners unggul dari segi kualitas. Dari 10 tembakannya, hanya satu yang dilepas dari luar kotak penalti.

Sebaliknya, dari 13 tembakan Palace, hanya lima yang berasal dari dalam kotak penalti dan hanya satu yang mengarah ke gawang.

Dua gol Arsenal dicetak Mikel Arteta pada menit ke-47 lewat titik putih. Tendangan penalti didapat setelah Serge Gnabry dijatuhkan Adlene Guedioura.

Menit ke-65, The Gunners harus bermain dengan 10 orang. Sang pencetak gol pembuka diusir wasit karena menjatuhkan Marouane Chamakh. Kartu merah langsung yang diterima Arteta mengundang kontroversi. Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, menilai Chamakh tidak sedang berada pada posisi terbaik untuk mencetak gol.

The Gunners akhirnya menyudahi perlawanan Palace lewat gol Olivier Giroud pada menit ke-87. Tambahan tiga poin membuat The Gunners bertahan di puncak klasemen dengan 22 poin dari sembilan laga.

Aston Villa 0-2 Everton: Peran Bomber Pinjaman

Penyerang pinjaman dari Chelsea, Romelu Lukaku, kembali membuktikan peran vitalnya di Everton. Sang bomber mencetak gol pembuka saat The Toffees mengalahkan Aston Villa di Villa Park lewat tendangannya tepat di garis luar kotak penalti pada menit ke-68.Assistdiberikan Leon Osman.
 
Kekalahan ini ibarat hukuman bagi Villa, yang punya kesempatan emas unggul lebih dulu. Villa mendapat hadiah penalti pada menit kedelapan setelah sang bomber, Christian Benteke, dijatuhkan Seamus Coleman. Sayang, tendangan penalti Benteke berhasil digagalkan kiper Everton, Tim Howard.

Setelah memberikanassistuntuk Lukaku, Osman akhirnya mencatatkan namanya sebagai pencetak gol pada menit ke-81 lewat tendangan keras dari luar kotak penalti, memanfaatkan umpan pendek Gareth Barry.

Tambahan tiga poin membuat Everton naik tiga peringkat ke posisi keempat, melangkahi Tottenham Hotspur (7), Manchester City (6) dan Chelsea (5). Ketiganya baru menjalani laga kesembilannya Minggu malam (27/10/13).

Bagi Villa, kekalahan ini membuat mereka terpaku di posisi ke-12 dengan 10 poin dari sembilan laga. Posisinya terancam tergeser oleh West Ham United, yang baru bertanding Minggu malam.

Liverpool 4-1 West Brom: Suarez Menggila

Liverpool mengamankan tiga poin di kandang sendiri berkat kemenangan 4-1 atas The Baggies. Suarez tampil garang dengan mencetak hatrik. Satu gol The Reds lain dicetak Sturridge. Sementara itu, West Brom sempat memperkecil kedudukan menjadi 3-1 lewat tendangan penalti James Morrison.
 
Duet Suarez dan Sturridge menjadi ancaman utama gawang tim tamu sepanjang 90 menit laga. 

Kecepatan dandribblingkedua penyerang gesit ini membuat bek lawan kocar-kacir.

Di babak pertama, West Brom mencoba bermain rapat, hanya melepas tiga tembakan, namun The Reds tetap mampu menceploskan dua gol. Pendekatan berbeda dicoba tim tamu di babak kedua, tampil lebih menyerang. Satu gol berhasil diciptakan namun Liverpool kembali menceploskan dua gol.

Tambahan tiga poin membawa The Reds ke posisi kedua klasemen sementara, terpaut dua poin dari Arsenal, yang sebelumnya menang 2-0 di kandang Crystal Palace. Sementara bagi West Brom, kekalahan ini membuat mereka terpaku di posisi ke-12, namun terancam turun satu tingkat jika West Ham United meraih kemenangan besok.

Southampton2-0 Fulham: Finishing Mencemaskan

Laga di St. Mary’s Stadium, kandang Southampton, berjalan timpang. Tuan rumah seperti sedang melatih serangannya saat menjamu Fulham. Bagaimana tidak, selain unggul dalam penguasaan bola hingga 67 persen, The Saints juga mampu melepaskan 20 tembakan, enam diantaranya mengarah ke gawang.
 
Tim tamu seolah hanya bisa pasrah menghadapi serangandemi serangan tuan rumah. Selama 90 menit, Fulham hanya bisa melepaskan dua tembakan, satu dari luar kotak penalti dan satu dari dalam. Tak satupun yang berhasil mengarah ke gawang.

Meski demikian, Southampton layak was-was dengan kualitas penyelesaian akhir mereka. Meski unggul mutlak dalam hal penguasaan bola maupun jumlah tembakan, mereka tak mampu mencetak gol dari skemaopen play.Kedua gol Southampton tercipta di babak pertama, masing-masing lewat Rickie Lambert pada menit ke-20 dan Jay Rodriguez pada menit ke-42. Dua-duanya lewat situasi sepak pojok.

Tambahan tiga poin membawa Southampton naik ke posisi ketiga dengan 18 poin. Unggul selisih gol dari Everton. Posisi Southampton dan Everton masih bisa tergusur oleh Tottenham Hotspur, Manchester City dan Chelsea, yang baru akan bertanding Minggu malam.


Norwich City 0-0 Cardiff City: Tuan Rumah Apes


Sungguh sebuah keajaiban bagi Cardiff City bisa pulang dari Stadion Carrow Road, kandang Norwich, tanpa kebobolan satu gol pun. Bayangkan, tim tamu diberondong 31 tembakan oleh Norwich! Jalannya laga pun berada di bawah kendali Norwich, yang unggul hingga 61 persen dalam penguasaan bola.
 
Kiper Cardiff, David Marshall, jelas layak dinobatkan sebagai pemain terbaik pada laga ini berkat 10 penyelamatan yang dilakukannya.

Cardiff sendiri berhasil melepaskan enam tembakan, empat diantaranya mengarah ke gawang. Namun hanya satu yang benar-benar menghadirkan ancaman bagi Norwich, yakni lewat tendangan Jordon Mutch dari jarak lima meter pada menit ke-25.

Hasil imbang ini membuat Norwich gagal keluar dari zona degradasi. Tuan rumah berada di posisi ke-18 dengan delapan poin dari sembilan pertandingan.

Cardiff berada di posisi ke-15 dengan sembilan poin dari sembilan laga. Posisi mereka bisa turun satu peringkat jika West Ham United, yang berada satu tingkat di bawahnya dengan delapan poin, bisa meraih poin saat bertanding Minggu malam (27/10/13).

MU 3-2 Stoke City: Mental Juara Setan Merah

Tuan rumah Manchester United menunjukkan kelasnya sebagai tim favorit juara. Perlahan tapi pasti, mereka mulai bangkit dari keterpurukan. Mental pantang menyerah ditunjukkan Wayne Rooney dkk pada laga melawan Stoke di Old Trafford.

Secara keseluruhan, MU unggul dalam penguasaan bola 66:34. Namun Setan Merah sempat dua kali tertinggal lewat gol Peter Crouch dan Marko Arnautovic dan membalas masing-masing lewat Robin van Persie dan Wayne Rooney. Gol penentu kemenangan dilesakkan Javier Hernandez. Hasil akhir 3-2.
Laga ini berlangsung cukup keras. Wasit delapan kali mengeluarkan kartu kuning, dua untuk tuan rumah dan enam untuk Stoke City.

Tambahan tiga poin belum mampu mengangkat MU dari posisi kedelapan dengan 14 poin dari sembilan laga. Stoke berada di posisi ke-17, satu tingkat di atas zona degradasi dengan delapan poin dari sembilan laga.