Mau Awet Muda? Lakukan Olahraga Ini

Headline
Awet muda merupakan impian semua manusia di planet ini. Berbagai cara dilakukan agar tidak terlihat tua. Ternyata, ada olahraga yang bisa memperlambat proses penuaan. Apa itu?

 
Olahraga ini merupakan seni bela diri Choi Kwang Do yang dipopulerkan sejak tahun 1987. Olahrga ini diyakini mampu memperlambat proses penuaan karena bela diri ini memaksimalkan kemampuan kekuatan melalui anatomi manusia.

"Bela diri ini dirancang tidak untuk kompetisi dan didasari pada prinsip-prinsip ilmiah modern dari anatomi manusia," kata pendiri seni bela diri Choi Kwang Do Grand Master, Kwang Jo Choi di Seminar Internasional Choi Kwang Do di UTI Pro Training Center Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Minggu (17/11/2013) malam WIB.

"Melalui teknik-teknik khusus, kami memperbolehkan siapa saja untuk mempelajari olahraga ini untuk membela diri ketika dalam bahaya maupun pada saat situasi pertarungan (combat) dengan lawan," pria berusia 72 tahun itu melanjutkan.

Kwang Jo Choi menjelaskan pada olahraga ini, dirinya menitikberatkan kepada pembelaan diri,peningkatan kesehatan serta perpanjangan usia. Menurutnya, berkat olahraga ini, dirinya bisa sembuh dari kelumpuhan di tahun 1987.

"Tahun 1987, saya mendapat cedera yang sangat parah dan itu mengakibatkan semua badan saya tidak bisa digerakkan. Tapi setelah saya mendalami Choi Kwang Do, tubuh saya bisa pulih kembali bahkan melebihi usia saya ketika masih muda," dia mengakhiri penjelasannya.