02 Januari 2014

Kilas Balik 2013: 10 Peristiwa Paling Dicari


Inilah sepuluh peristiwa yang paling banyak dicari di Yahoo Indonesia tahun 2013.

Daftar ini didominasi peristiwa dari dalam negeri, kecuali kelahiran penerus tahta Kerajaan Inggris, Pangeran George. Segala sesuatu tentang para putri dan pangeran kerajaan memang selalu menarik, tapi kerajaan lokal masih lebih menarik, seperti pernikahan Keraton Yogyakarta yang menduduki peringkat pencarian.

Peristiwa yang terkait perempuan cantik justru melibatkan skandal, dan bahkan pembunuhan. Dua gadis cantik menarik perhatian karena nasib malangnya. Sisca Yofie dan Della Carolina, banyak dicari karena mereka meninggal secara tragis. Satu perempuan lagi, Anastasia Florina, istri Piyu Padi, dicari di yahoo search karena mobil yang dia tabrakkan.

Berita tentang dunia penerbangan juga banyak menarik perhatian, yaitu dibukanya Bandara Kuala Namu dan kasus-kasus seputar kecelakaan dan terlambatnya Lion Air. Dunia teknologi mencuri perhatian bukan dengan iPhone terbaru, tapi justru peluncuran aplikasi BlackBerry Messenger di android dan iPhone.

Meski jalan Indonesia menuju Piala Dunia masih panjang, semangat mendukung bola lokal selalu terasa. Hal ini ditunjukkan dalam pencarian dengan kata kunci Evan Dimas, kapten tim nasional U-19. Pertandingan Persib Bandung VS Persija Jakarta, tak ketinggalan di urutan No. 5.

10. Royal Baby (kelahiran putra Kate-William)

Kabar kelahiran putra pasangan Pangeran William dan Kate Middleton (Catherine, Duchess of Cambridge), telah menyedot perhatian dunia. Selama hampir tiga minggu sebelum kelahiran, juru foto dari segala penjuru negeri, bahkan berkemah di luar Rumah Sakit St Mary di London Barat, menanti kelahiran bayi Kerajaan.
 

Pensiunan Chelsea mengirim boneka beruang sebagai hadiah untuk putra William dan Kate. 

The Duke and Duchess of Cambridge memberi nama George Alexander Louis untuk putra pertama mereka. Bayi yang lahir pada Senin, 22 Juli 2013 pukul 16.24 waktu setempat atau Selasa, 22 Juli 2013 pukul 02.24 WIB, memiliki berat 4,6 kilogram.

Berbagai ucapan selamat datang dari para pemimpin dunia, termasuk Perdana Menteri Inggis, David Cameron dan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama meluncur. Tak mau ketinggalan, para selebritas seperti Cheryl Cole, Cara Delevingne, Phillip Schofield, Jack Osbourne, dan Ellen DeGeneres, langsung memberi ucapan lewat sosial media. Sebentar saja, berita kelahiran Royal Baby menjadi trending topic di media sosial Twitter.

Pihak Twitter menyebutkan, kemunculan pertama bayi di depan umum telah memicu tweet dari lebih dari 18.000 orang dalam semenit. Namun, angka itu lebih kecil dibanding saat puncak yang mencapai 25.300 tweet per menit pada Senin malam, setelah kelahirannya diumumkan.

9. Evan Dimas, Kapten Tim Nasional U-19


Nama aslinya Evan Dimas Darmono. Pria kelahiran Surabaya, 13 Maret 1995 itu mendadak menjadi buah bibir pecinta sepak bola Tanah Air ketika memimpin armada Timnas U-19 di ajang AFF 2013. Dengan semangat dan soliditas tim yang kuat, Evan dan kawan-kawan berhasil menumbangkan keperkasaan Vietnam di partai puncak dan menjadi jawara Kejuaraan Remaja U-19 AFF 2013.

Putra pasangan Condro Permono dan Ana ini memulai karir sepak bola dari klub SSB Sasana Bhakti. Tahun 2007-2011, pemilik nomor punggung 6 itu bergabung dengan SSB Mitra Surabaya. Evan pertama kali terpantau saat masuk skuad Tim Sepak Bola Jawa Timur yang berlaga di ajang PON XVIII , Pekanbaru, pada 2012.

Pemilik tinggi 1,72 meter ini pernah menyandang ban kapten untuk Timnas U-17. Dia juga mengantarkan Garuda Muda menjuarai turnamen HKFA International Youth Invitation di Hong Kong pada 2012. Di ajang pencarian bakat bertajuk "The Chance", Evan mewakili Indonesia dan menjadi satu dari 100 anak yang beruntung bisa dilatih oleh mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola.

Tahun 2013, gelandang yang kini berlaga di Persebaya 1927 itu masuk tim di bawah asuhan Indra Sjafri untuk kejuaraan remaja AFF 2013. Sebagai kapten, Evan mencetak 5 gol, terbanyak untuk tim Indonesia. Dua minggu berselang, Evan menjadi pahlawan Timnas U-19 saat menumbangkan Korea Selatan di ajang Kualifikasi Kejuaraan U-19 AFC 2014. Pada pertandingan penentuan itu, Evan mencetak hattrick yang membuat Indonesia lolos ke-16 kalinya.

8. Launching BBM di Android dan iPhone


Pengumuman resmi BlackBerry Inc. mengenai ketersediaan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) lintas platform pada 18 September 2013 disambut antusiasme para pengguna perangkat Android dan iPhone. Namun, aplikasi BBM yang sedianya muncul untuk Android pada 21 September dan 22 September untuk iPhone, harus tertunda selama satu bulan. Penundaan ini disebabkan karena munculnya aplikasi BBM tak resmi untuk Android yang mengakibatkan gangguan teknis di server.

Namun, pada 21 Oktober 2013, perusahaan asal Kanada itu mengumumkan, aplikasi BBM lintas platform tersedia di Google Play Store, Apple App Store, dan Samsung App Stores. Sehari berselang, aplikasinya mulai bisa diunduh pengguna iPhone di Indonesia lewat App Store Indonesia. Untuk Android, aplikasinya bisa diunduh melalui Google Play Store.Dari dua platform itu, menurut pengamatan laman teknologi Boy Genius Report, tingkat penerimaan BBM di iPhone lebih tinggi ketimbang Android. Aplikasi BBM bercokol di urutan 5 besar top download App Store di 50 negara. Sementara versi Android hanya masuk 10 besar daftar unduhan terpopuler di Indonesia, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

7. Anastasia Florina Limasnax dan Adiguna Sutowo

 
Nama Anastasia Florina Limasnax alias Flo tiba-tiba-tiba menyita perhatian publik. Istri gitaris band Padi, Piyu, diduga menjadi pelaku perusakan rumah Vika Dewayani, istri kedua pengusaha Adiguna Sutowo.

Kasus bermula saat Flo menabrakkan mobil Mercedes Benz, yang diambil alih kemudinya dari sopir Adiguna, Daryono, ke rumah Vika. Tiga mobil yang terparkir di garasi rusak. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu, 26 Oktober 2013 dini hari.

Saat Flo melampiaskan amarahnya, Daryono yang kebingungan lantas menghubungi Hendry, sopir Adiguna yang lain, untuk membantu mengatasi keadaan. Setelah berhasil menenangkan Flo, mereka menuju kediaman Adiguna di Jalan Kamboja, Menteng. Di tengah perjalanan, Flo pindah naik taksi. Sejak itu dia menghilang.

Flo yang sudah buron tak kunjungi ditemukan. Setelah dilakukan serangkaian komunikasi antara pihak Flo dan Vika, 25 November 2013, Vika mencabut laporannya menyusul permintaan maaf keluarga Flo terhadap dirinya. Seminggu berselang, Kepolisian Daerah Metro Jakarta mengeluarkan Surat Penghentian Penyidikan Perkara (SP3) untuk kasus tersebut.

Meski tak pernah memenuhi panggilan pihak kepolisian, namun kini Flo boleh tenang lantaran status tersangka yang disematkan kepadanya secara otomatis turut dihapus. Meski begitu, motif yang melatari peristiwa tersebut hingga kini masih menjadi misteri.

6. Pembunuhan Della Caroline


Pada Minggu 4 Agustus 2013 dini hari, model cantik Della Caroline ditemukan tewas di kamar 206, lantai 2, Tower II, Apartemen Puri Casablanca, Tebet, Jakarta Selatan. Wanita yang berprofesi sebagai model untuk majalah “Look” itu menghembuskan nafas terakhirnya di kamar seorang warga negara India, Kumar Bipin (43). Kumar adalah Manager PT Orora Mineral.

Berdasarkan keterangan Kumar dan olah tempat kejadian perkara, wanita yang sempat menjadi model majalah “Elite” itu diketahui menenggak vodka dicampur dengan soda sebelum tergeletak tak sadarkan diri. Polisi mengamankan barang bukti berupa pakaian, tas, handuk, dan vodka. Sementara jasad korban dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Salemba, untuk dilakukan otopsi.

Dari serangkaian uji laboratorium dan hasil otopsi Tim Forensik RSCM, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto di Mapolda Metro Jaya mengatakan model berusia 34 tahun ini meninggal akibat sakit jantung. Perihal memar biru di dahi korban, katanya, itu disebabkan karena benturan, bukan tindak kekerasan.

5. Persib Bandung vs Persija

 
Rivalitas antara Persib Bandung dengan Persija Jakarta sepertinya mulai menjalar keluar lapangan. Pada 22 Juni 2012, ketika Tim Persib Bandung tandang ke Jakarta, bus yang mereka tumpangi dilempari batu. Pelakunya diduga terkait dengan The Jack Mania, paguyuban penggemar Persija. Pertandingan melawan Persija yang sedianya digelar di Stadion Gelora Bung Karno, akhirnya batal.

Peristiwa tersebut berbuntut panjang. Di Bandung, sekelompok Bobotoh (pendukung Persib) melakukan aksi sweeping terhadap kendaraan dengan plat B (Jakarta) yang masuk wilayah tersebut, sebagai bentuk balasan atas serangan yang diterima bus rombongan Persib.

Bagi Persib, tahun ini bukan hanya dihiasi perseteruan, tapi juga eksistesi di pentas sepak bola nasional. Keseriusan itu ditunjukan dengan langkah manajemen merekrut pemain naturalisasi kelahiran Belanda, Sergio Van Dijk. Ia dibeli dari Adelaide United, klub Liga Australia (A-Leageu), dengan durasi kontrak dua tahun. Selama bermain di Persib Sergio telah mengemas 21 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak di tim berjuluk maung Bandung tersebut.

Kesuksesan Persib merekrut bintang berusia 31 tahun itu tak lepas dari campur tangan Wakil Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Erick Thohir, yang berhasil menggalang dana sponsor dan melakukan pembenahan manajemen klub. Eick sendiri diketahui sebagai salah satu pemegang saham Persib melalui perusahaan keluarganya PT Surya Eka Perkasa yang menguasai 70 persen saham Persib.

Kehadiran Erick bukan hanya membuat tim berjuluk maung Bandung itu semakin aktif di bursa transfer. Bertanding dengan klub asing pun kian giat dilakoni. Misalnya, melawan Tim Nasional Malaysia U-23 dalam Menpora Cup, Jumat, 2 September 2013. Pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat berakhir dengan skor imbang 2-2. Sebagai penutup tahun, Persib menjamu klub asal Amerika, DC United, yang juga milik Erick Thohir. Laga tersebut berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Persib.

4. Pembunuhan Sisca Yofie


Pada 5 Agustus 2013, publik tersentak oleh suatu peristiwa tragis terbunuhnya seorang wanita cantik bernama Sisca Yofie. Manajer Kantor Cabang PT Verena Multi Finance itu dibacok hingga tewas setelah sebelumnya diseret oleh pengendara motor sejauh 1 km. Peristiwa nahas itu berlokasi di sekitar rumah kos korban, Jalan Cipedes Tengah, Bandung.

Ramainya pemberitaan media rupanya membuat sang pelaku gelisah hingga akhirnya menyerahkan diri kepada pihak Kepolisian. Pemuda bernama Ade ini mengaku membunuh Sisca bersama pamannya, Wawan. Satu hari kemudian Wawan ditangkap ketika sedang berkendara di daerah Ciranjang, Cianjur. Keduanya mengaku tidak berencana membunuh korban, tapi hanya ingin merampas tasnya.

Kasus ini menjadi kian menarik ketika terkuak bahwa Sisca pernah menjalin hubungan asmara dengan seorang Perwira Polisi bernama Kompol Albertus Eko Budiharto. Namun, hubungan mereka kandas karena Kompol Albertus masih memiliki istri. Muncul spekulasi adanya kaitan antara kisah cinta yang gagal dengan kematian Sisca. Apalagi, sebelum terbunuh Sisca sempat menulis status bernada emosional yang ditujukan pada Kompol Albertus. Gerah dengan tudingan miring, pada 13 Agustus 2013, Albertus menggelar jumpa pers untuk menepis tudingan bahwa ia mengenal para pelaku.

Kasus Sisca berlanjut hingga ke meja hijau. Dalam sidang perdana di Pengadilan Negeri Bandung, Jaksa menuntut kedua pelaku dengan ancaman maksimal hukuman mati dengan subsider maksimal 15 tahun penjara. Sedangkan Kompol Albertus masih bisa bernafas lega, karena Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jawa Barat menyatakan dia tidak memiliki keterkaitan dengan peristiwa tersebut.

3. Lion Air

Kementerian Perhubungan pada Februari 2013 merilis daftar kinerja maskapai penerbangan Indonesia sepanjang 2012. Menariknya, bukan maskapai penerbangan BUMN seperti Garuda yang menjadi jawaranya, melainkan perusahaan swasta milik Rudsdi Kirana, yaitu LionAir, yang sukses menjadi maskapai dengan jumlah penumpang terbanyak. Dari total 63,6 juta penumpang pesawat, Lion Air menjaring 23,9 juta di antaranya atau sekitar 38 persen. Sedangkan Garuda menempati posisi dua dengan total penumpang 14,01 juta penumpang (22 persen).

Gebrakan Lion Air belum berhenti. Pertengahan Maret 2013, mereka resmi membeli 234 unit pesawat Air Bus jenis A 230 senilai Rp 233 triliun. Aksi Lion Air ini, sempat mendapat respons negatif dari Menko Perekonomian Hatta Rajasa yang menilai impor besar-besaran itu dapat memberi tekanan pada neraca perdagangan. Namun, Lion Air jalan terus karena mendapat dukungan dari Kementerian Perdagangan.
Tentu Lion Air tak luput dari masalah, terutama soal keterlambatan penerbangan (delay) yang sering terjadi. Bahkan, pada 1 September 2013, tiga orang karyawannya “disandera” calon penumpang akibat penundaan 10 jadwal penerbangan selama lebih dari 5 jam. Selain itu, pada 6 Agustus, pesawat Lion Air menabrak sapi di landasan pacu Bandara Jalaluddin, Gorontalo. Kemudian, kasus matinya pendingin udara kabin Lion Air Pada 30 September 2013.

Paling mengejutkan, tetu saja peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air di tengah laut karena gagal mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali. Beruntung, 101 penumpang selamat. Dugaan sementara, co-pilot dan pilot pesawat tidak bisa melihat landasan dengan jelas. Alhasil, laut jadi tempat penyelamatan darurat.

2. Bandara Kuala Namu, Medan, Mulai Beroperasi

 
Meski pengerjaannya sempat tertunda selama tiga bulan, Bandara Kuala Namu tetap menjadi salah satu ikon kebanggan masyarakat Medan. Bandara yang resmi beroperasi 25 Juli 2013 ini merupakan bandara internasionaal pertama di Indonesia yang memiliki jalur kereta khusus menuju bandara.

Tidak hanya itu. Bagi setiap penumpang yang ingin menginap, tidak perlu repot mencari hotel. Sebab, di lantai dua bandara terdapat hotel transit yang siap melayani. Dari sisi kapasitas, Bandara Kuala Namu mampu menampung 8,1 juta penumpang setiap tahun. Ini jauh lebih besar dibanding pendahulunya, Bandara Polonia, yang hanya mampu menampung 900 ribu penumpang per tahun.

Namun demikian, bandara yang menelan biaya pembangunan Rp 5,8 triliun ini tetap tak lepas dari kritik masyarakat. Utamanya, terkait jarak yang jauh dari pusat kota Medan (39 km), rencana kenaikan biaya pelayanan jasa penumpang dari Rp 40 ribu menjadi Rp 100 ribu, tiket kereta api yang mahal sekitar Rp 80 ribu sekali jalan, serta belum tersedianya jalan tol sebagai akses menuju bandara.

1. Pernikahan Agung Keraton Yogyakarta


JIKA Inggris punya Royal Wedding (Pangeran William dan Kate Middleton) sebagai simbol pesta megah keluarga kerajaan, Keraton Yogyakarta memilki Pernikahan Agung. Pernikahan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu dengan Kanjeng Pangeran Harya (KPH) Notonegoro tak kalah meriah, walaupun berlangsung selama tiga hari berturut-turut, yaitu 21-23 Oktober 2013.

Perhelatan tersebut dihadiri 4.500 undangan, di antaranya Presiden Susilo Bambanng Yudhoyono, Wapres Boediono, Mantan Presiden Megawati, Mantan Wapres Jusuf Kalla, bos Media Group Surya Paloh, hingga Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Presiden dan Wakil Presiden masing-masing memberikan kado tea set.

Pesta Pernikahan Agung menarik perhatian ribuan masyarakat Yogyakarta yang tumpah ruah dijalanan sekitar keraton. Saking antusiasnya, panitia “Royal Wedding” Keraton Yogyakarta harus menutup beberapa ruas jalan agar konvoi 12 kereta kuda bisa melintas menuju keraton sebagai bagian prosesi kirab.

Sebagai bentuk penghormatan atas semangat masyarakat yang ingin menyaksikan setiap prosesi acara, pihak keraton memasang 3 buah layar video besar di Jalan Malioboro. Perayaan pun disiarkan secara langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar