30 Januari 2015

Survei dunia, ini lima kampus terbaik dari Indonesia

Jutaan kampus menyebar di seluruh penjuru bumi. Meski tidak masuk ke 100 besar namun Indonesia perlu berbangga hati. Paling tidak ada lima kampus terbaik yang urutannya masih ratusan dan ribuan dibandingkan universitas sejagat lainnya.


Survei dunia, inilah lima kampus terbaik dari Indonesia

Jutaan kampus menyebar di seluruh penjuru bumi. Meski tidak masuk ke 100 besar namun Indonesia perlu berbangga hati. Paling tidak ada lima kampus terbaik yang urutannya masih ratusan dan ribuan dibandingkan universitas sejagat lainnya.

Lima kampus ini memang tempat pendidikan besar dan mumpuni. Namanya tersohor mencetak banyak orang-orang penting di negeri ini serta terpandang. Namanya harum bahkan di mancanegara.

Dilansir dari situs webometrics.info, berikut ini kampus-kampus bergengsi dan berpredikat baik sejagat dari Indonesia. Kampus mana saja? Berikut ulasannya.



1. Universitas Gadjah Mada


Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam daftar kampus terbaik sejagat nomor urut 414. Meski di posisi ratusan namun kampus ini tetap dapat acungan jempol sebab mampu mengalahkan jutaan tempat pendidikan di negara lain yang tidak masuk daftar ratusan ini.

Resminya UGM berdiri pada 19 Desember 1949 namun peletakan batu pertama baru dilakukan mendiang Presiden Soekarno dua tahun sesudahnya. Awalnya UGM hanya memiliki enam fakultas saja namun kini sudah ada 18 fakultas serta program strata dua dan tiga.

Kampus ini diklaim paling tua se-Indonesia.


2. Universitas Indonesia


Universitas Indonesia (UI) merupakan kampus negeri yang banyak diminati oleh calon mahasiswa dari penjuru wilayah negeri ini. Di dunia, kampus ini menduduki peringkat ke 532 sejagat.

UI bermula sejak 1849 dengan satu jurusan kedokteran sebab saat itu pemerintah Belanda yang menjajah Indonesia membutuhkan tenaga dokter tambahan. Baru pada 1955 pemerintah Indonesia resmi menamakan kampus itu sebagai Universitas Indonesia.

Terdiri dari 13 fakultas dan dua program yakni pascasarjana serta vokasi, UI memantapkan diri sebagai universitas paling bergengsi di negeri ini.


3. Institut Teknologi Bandung


Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi berdiri sejak 1959. Kampus yang berada di Kota Tembang ini memiliki tujuh program studi bertaraf internasional dan terakreditasi ABET, salah satu lembaga akreditasi independen dari Amerika Serikat.

Berdasarkan data kepopuleran ITB menduduki peringkat pertama kampus paling diminati calon mahasiswa Indonesia. Di peringkat dunia ITB menduduki posisi ke 622 sebagai kampus terbaik sejagat.

4. Institut Pertanian Bogor

Kota hujan Bogor juga mempunyai kampus kebanggaan. Apalagi kalau bukan Institut Pertanian Bogor (IPB). Kampus ini berdiri sejak 1963 dan terakreditasi dengan skor 375 atau sangat baik.

IPB memiliki sembilan fakultas dan satu program pascasarjana juga diploma. Kampus ini cocok bagi mereka yang menyenangi ilmu agrikultur serta kekayaan sumber daya Indonesia. Di peringkat dunia IPB ada di level 813.

5. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro terletak di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kampus ini juga salah satu terbaik sejagat dengan posisi 1.102.

Didirikan pada 1956 kampus ini sudah mencetak pelbagai akademisi cerdas. Ada 11 fakultas yang diajarkan yakni hukum, ekonomi dan bisnis, hingga ilmu budaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar