09 Februari 2015

Gol Injury Time Blind Selamatkan MU dari Kekalahan

Manchester United terhindar dari kekalahan saat bertamu ke West Ham United. Tertinggal sejak awal babak kedua, The Red Devils baru bisa menyamakan kedudukan di menit kedua injury time melalui Daley Blind. Laga tuntas dengan skor 1-1.



Gol Injury Time Blind Selamatkan MU dari Kekalahan
Doni Wahyudi - detikSport


ADRIAN DENNIS/AFP/Getty Images

London - Manchester United terhindar dari kekalahan saat bertamu ke West Ham United. Tertinggal sejak awal babak kedua, The Red Devils baru bisa menyamakan kedudukan di menit kedua injury time melalui Daley Blind. Laga tuntas dengan skor 1-1.

Datang ke Boleyn Ground, minggu (8/2/2015) malam WIB, MU membidik kemenangan demi bisa naik ke posisi tiga klasemen. Namun mereka justru lebih banyak dapat tekanan di babak pertama.

Serangan demi serangan yang dipunya West Ham gagal menjebol gawang David De Gea di babak pertama. Namun di awal babak kedua The Hammersakhirnya mendapatkan keunggulan yang mereka cari melalui gol indah dari Cheikhou Kouyate.

Upaya The Red Devils mencetak gol penyama harus menunggu lama. Upaya mereka baru membuahkan hasil di menit kedua injury time - dari empat menit yang diberikan wasit. Adalah Blind yang membuat MU bisa pulang dengan satu poin melalui tembakan kaki kirinya di dalam kotak penalti.

MU kehilangan Luke Shaw jelang laga tuntas. Dia dapat kartu kuning kedua dan diusir wasit dari lapangan.

Hasil imbang ini membuat MU tak beranjak dari posisi empat klasemen dengan poin 44. Mereka tertinggal satu angka di belakang Southampton.

Jalannya Pertandingan

MU mendapatkan kesempatan pertamanya di menit lima saat Alex Song salah mengumpan bola di dalam kotak penaltinya sendiri. Di kulit bundar nyaris didapat Robin van Persie kalau saja kiper Adrian tidak cepat menutup ruang gerak sang striker.

Di menit 13 David De Gea dipaksa membuat dua penyelamatan. Yang pertama melalui tendangan jarak jauh Valencia yang harus diblok kiper asal Spanyol itu sambil menjatuhkan diri. Dari tendangan sudut yang lahir pada momen itu, Valencia yang berdiri di tiang jauh menyamar bola liar yang dia arahkan ke sudut gawang namun bisa ditepis De Gea.

MU lebih banyak berada di bawah tekanan pada babak pertama ini. Selain kesalahan Song di menit awal, The Red Devils gagal menciptakan peluang untuk mencetak gol.

Sebaliknya, West Ham dalam beberapa kesempatan sukses membuat barisan belakang 'Setan Merah' kerepotan. Di menit 33 umpan yang dilepas Aaron Cresswell tepat mengarah ke James Tomkins, tandukannya ke sudut bawah gawang masih bisa diblok De Gea menggunakan kakinya.

Beberapa menit berselang Marcos Rojo membuat kesalahan yang membahayakan gawang MU. Akibat Rojo kehilangan bola di tengah lapangan, West Ham membangun serangan ke kotak penalti MU dalam posisi dua lawan dua. Namun umpan buruk Diafra Sakho di dalam kotak penalti membuat peluang tersebut gagal berujung gol, bola yang dia sepak membentur kaki Luke Shaw dan menggelinding pelan ke arah De Gea.

Tekanan yang diberikan West Ham ke gawang MU akhirnya membuahkan hasil di awal babak kedua. Tepatnya pada menit 49 gawang De Gea dijebol Cheikhou Kouyate.

Gol tersebut diawali tendangan bebas dari tengah lapangan. Bola yang melayang ke kotak penalti gagal diantisipasi oleh pemain-pemain MU dan justru bisa dikuasi Kouyate. Di tengah penjagaan lima pemain MU, Kouyate yang dalam posisi membelakangi gawang melakukan jugling dua kali lalu membalikkan badan sambil melepaskan tembakan. Bola masuk ke gawang setelah membentur badan Dalley Blind.

Van Persie! Nyaris MU mencetak gol penyama. Sepakan striker asal Belanda itu saat masuk ke dalam kotak penalti pada menit 53 tepat mengarah ke kiper Adrian.

Peluang matang berikutnya yang dimiliki tim tamu datang di menit 77 saat umpan panjang dari Rojo dibelokkan Falcao menggunakan kepala ke arah Van Persie. Striker asal Belanda itu lantas mengirim kembali bola pada Falcao yang kini tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Peluang emas tersebut tak berujung gol balasan karena sontekan Falcao melebar ke sisi kiri gawang.

Kerjasama Falcao dengan Van Persie kembali gagal memberi MU gol penyama di menit 82. Umpan pendek Falcao di dalam kotak penalti langsung disambar Van Persie. Bola yang diarahkan ke sudut gawang masih bisa dihadang kiper Adrian yang menjulurkan kaki kanannya.

Banyak menyerang, MU nyaris kebobolan gol kedua di menit 87. Noble tak terkawal di muka kotak penalti saat menyambar umpan tarik yang dilepaskan Jarvis dari sisi kiri. De Gea kembali jadi pahlawan MU dengan penyelamatan yang dia lakukan.

Gol MU! Upaya menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil di menit kedua injury time. Umpan panjang Rojo dari tengah lapangan berhasil ditanduk menjauh dari gawang oleh pemain West Ham, namun bola mengarah ke Blind yang langsung menyambarnya menggunakan kaki kiri. Si kulit bundar masuk ke gawang tanpa bisa dihalau kiper.

Kartu merah untuk Shaw. Dia dikartu kuning untuk kali kedua setelah terlambat melakukan tekel pada Stewart Downing di menit 93.

Susunan Pemain

West Ham United: Adrián, Aaron Cresswell, James Tomkins, Cheikhou Kouyate;, Carl Jenkinson, Kevin Nolan, Stewart Downing, Mark Noble, Alex Song, Diafra Sakho, Enner Valencia ('84 Matthew Jarvis)

Manchester United: David De Gea, Luke Shaw, Phil Jones, Marcos Rojo, Antonio Valencia, Ángel Di María, Wayne Rooney, Adnan Januzaj ('72 Marouane Fellaini), Daley Blind, Radamel Falcao ('90 Chris Smalling), Robin van Persie

Hasil & Jadwal Pertandingan, Klasemen & Top Skor English Premier League

Tidak ada komentar:

Posting Komentar