25 Februari 2015

Suarez Dua Gol, Barcelona Kalahkan City 2-1

Luis Suarez jadi bintang Barcelona dalam lawatan ke Manchester City di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Striker asal Uruguay itu mencetak dua gol yang memberi The Catalans keunggulan 2-1.


Suarez Dua Gol, Barcelona Kalahkan City 2-1



PAUL ELLIS/AFP/Getty Images

Manchester - Luis Suarez jadi bintang Barcelona dalam lawatan ke Manchester City di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Striker asal Uruguay itu mencetak dua gol yang memberi The Catalans keunggulan 2-1.

Di Etihad Stadium, Rabu (25/2/2015) dinihari WIB, Barcelona jauh lebih dominan dibanding tuan rumah di babak pertama. Memiliki banyak peluang bikin gol, tim tamu unggul 2-0 berkat gol-gol Suarez di menit 15 dan 30.

City bangkit di babak kedua. Bermain lebih baik dan agresif, The Citizens berhasil mencetak gol yang memperkecil kedudukan melalui Sergio Aguero di menit 69.

Upaya City untuk menambah gol demi mencetak gol penyama dapat pukulan karena lima menit berselang mereka kehilangan Gael Clichy yang dapat kartu kuning kedua. Bermain dengan 10 orang City pada akhirnya gagal mencetak gol untuk menyamakan kedudukan.

Di periode injury time Barcelona punya peluang untuk menambah keunggulannya kembali menjadi dua gol saat wasit menunjuk titik putih menyusul pelanggaran yang dilakukan Pablo Zabaleta terhadap Messi. Namun peluang tersebut tak dimanfaatkan dengan maksimal karena penalti Messi diblok Joe Hart.

Menang 2-1 di laga away membuat Barcelona dalam posisi jauh diunggulkan untuk lolos ke delapan besar. Leg kedua akan dihelat di Camp Nou pada 18 Maret mendatang.

Jalannya Pertandingan

City dan Barcelona terlihat berimbang di menit-menit awal dengan kedua tim terlibat duel seru di lapangan tengah. Namun setelah 10 menit terlewati Barcelona mulai mendominasi tuan rumah.

Peluang pertama dalam pertandingan ini dibuat Barcelona di menit 10. Gerakan menipu yang dilakukan Neymar membuatnya melewati Pablo Zabaleta di sisi kanan pertahanan City dan diteruskannya pada Lionel Messi di dalam kotak penalti. Messi bisa melepaskan tembakan namun diblok Martin Demichelis.

Semenit berselang Suarez yang punya kans bikin gol saat dia lolos dari jebakan offside namun sepakannya ke tiang dekat masih sedikit melenceng dari sasaran. Dominasi Barca dan peluang demi peluang yang dikreasikan akhirnya membuahkan hasil di menit 15 setelah Suarez mencetak gol pertama di laga ini.

Gol tersebut bermula dari lemparan ke dalam di sisi kiri pertahanan City. Bola yang diumpan ke kotak penalti gagal dijangkau Suarez dengan kepalanya, namun kembali jatuh ke kakinya setelah membentur tubuh Vincent Kompany. Suarez tak membuang kesempatan itu dengan langsung melepaskan tembakan dengan kaki kiri. Bola mengarah ke tiang jauh dan masuk ke gawang.

City mencoba merespons saat tandukan Edin Dzeko tipis melebar di sisi kanan gawang Ter Stegen. Di menit 25 Suarez punya kans memperbesar keunggulan timnya saat dia berhasil mengejar umpan terobosan dari Neymar, namun Suarez gagal melewati Joe Hart dalam posisi satu lawan satu.

Suarez! Gol kedua Barcelona kembali dibuat striker asal Uruguay ini.

Messi merusak konsentrasi pertahanan City dengan aksinya di muka kotak penalti, dia lalu mengirim bola pada Jordi Alba yang melebar di sisi kiri. Alba menggiring bola mendekati garis batas lapangan sebelum melepas umpan ke muka gawang, di sana Suarez menyambarnya sambil menjatuhkan diri. Bola melewati Hart dan masuk ke gawang. 2-0 untuk City.

Di menit 36 Messi berhasil mengejar umpan dari Neymar di dalam kotak penalti. Namun upayanya menambah keunggulan Barca dihentikan Hart yang datang sambil menjatuhkan diri.

Empat menit sebelum babak pertama tuntas Alves nyaris mencatatkan namanya di papan skor andai bola yang dia cungkil melewati Hart tidak dimentahkan mistar gawang.

City tampil jauh lebih baik di babak kedua dengan berhasil mengimbangi permainan City. Bukan cuma itu, The Citizens sukses menciptakan beberapa peluang yang terutama datang dari tendangan penjuru.

Kesempatan pertama City memperkecil ketinggalan di awal babak kedua ini adalah saat Nasri dapat ruang tembak di tengah kotak penalti. Namun sepakan kerasnya dihadang Javier Mascherano yang secara heroik menjatuhkan diri untuk menghalau si kulit bundar.

Dzeko! Oh, tandukannya dari muka gawang terlalu lemah hingga mudah ditangkap Ter Stegen. Di menit 53 gantian Aguero menebar ancaman saat tendangan lengkung yang dia lepaskan dari luar kotak penalti masih melebar tipis dari sasaran.

Di menit 69 Etihad Stadium bergemuruh usai Aguero menjebol gawang Barca. Aguero mencetak gol setelah menerima umpan backheel dari David Silva di muka kotak penalti. Pemain depan asal Argentina itu berhasil lolos dari tekel Gerard Pique dan jepitan dua pemain Barca lainnya untuk merebut bola dan melepaskan tendangan yang berujung gol untuk City dan mengubah kedudukan jadi 1-2.

Upaya City mencetak gol kedua untuk setidaknya menyamakan kedudukan dapat pukulan telak lima menit berselang. Clichy dapat kartu kuning kedua dari wasit dan dikirim keluar lapangan setelah melanggar Alves.

Setelah kartu merah pada Clichy, Barcelona kembali mendominasi penguasaan bola. Namun tidak ada peluang yang benar-benar matang bisa dihasilkan anak didik Luis Enrique. Sampai akhirnya Zabalate melanggar Messi di dalam kotak penalti di menit 93.

Namun peluang untuk melebarkan keunggulan menjadi dua gol gagal dimanfaatkan Messi. Penaltinya ke arah kanan dibaca dengan sangat baik oleh Hart. Upaya rebound Messi juga tak membuahkan hasil, sundulannya ke arah gawang yang kosong terlalu melebar.

Susunan Pemain

Manchester City: Hart; Zabaleta, Kompany, Demichelis, Clichy; Fernando, Milner, Nasri (Fernandinho 62), Silva (Sagna 78); Dzeko (Bony 68), Aguero

Barcelona: Ter Stegen; Alves (Adriano 74), Pique, Mascherano, Alba; Busquets, Rakitic (Mathieu 71), Iniesta; Messi, Suarez, Neymar (Pedro 80)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar