01 Maret 2015

Kondom dari Masa ke Masa, Terbuat dari Tanduk Hingga Setebal Ban Sepeda

Pemakaian alat kontrasepsi ternyata tidak hanya terjadi di era modern saja. Sejak zaman sebelum Masehi, orang sudah mengenal alat kontrasepsi terutama kondom. Berbagai bentuk dan jenis kondom di zaman dulu pun terbuat dari bahan-bahan yang unik hingga aneh, mulai dari usus hewan hinga tempurung kura-kura. Ini fakta-fakta soal kondom dari masa ke masa, seperti dikutip dari Lifestyle Condoms.


1. Akhir Masa Sebelum Masehi

Tepatnya pada zaman Kerajaan Romawi Kuno, kondom pertama di dunia dibuat dari bahan linen yang dijahit dengan tangan. Panjang kondom bervariasi mulai dari yang bisa menutupi seluruh penis, hanya di ujungnya atau dimasukkan ke dalam uretra atau saluran kencing dan sperma.



2. 1400

Di Asia, kondom dirancang hanya untuk menutupi kepala penis dan hanya dikenakan oleh kalangan aristokrat. Bahan-bahan yang digunakan cukup mengerikan dan bisa menyakiti vagina. Mulai dari usus hewan, kertas minyak, tanduk hewan hingga tempurung kura-kura.



3. 1400 - 1700

Selama zaman Renaissance, kondom mulai dibuat dari bahan yang lebih 'bersahabat' bagi Miss V. Umumnya terbuat dari kain linen atau usus dan kandung kemih kambing.



4. 1700

Giacomo Casanova, pengelana dan penulis yang dikenal memiliki affair dengan banyak wanita dikabarkan menjadi orang pertama yang mengetes kualitas ketahanan kondom. Kala itu playboy di era Victorian tersebut meniup kondom menjadi seperti balon untuk mengecek apakah ada lubang atau kebocoran pada kondom.



5. 1855

Kondom yang terbuat dari karet pertama kali diproduksi. Zaman inilah cikal bakal teknologi pembuatan kondom di masa sekarang. Namun kala itu, kondom dari karet sangatlah tebal, hampir setebal karet bagian dalam roda sepeda. Ouch!



6. 1873

Pada masa ini kondom dilarang beredar. Aturan yang disebut Comstock Law di Amerika Serikat melarang segala bentuk sirkulasi, pertukaran dan distribusi benda-benda yang dianggap imoral. Termasuk di dalamnya buku atau gambar erotis, kontrasepsi, sex toys dan benda-benda yang bisa mengakibatkan keguguran.



7. 1918

Kondom mulai 'go public'. Penjualannya tak lagi ilegal, khususnya di Amerika Serikat. Untuk pertamakalinya kondom secara legal diperjualbelikan.



8. 1920

Agar pemakaian kondom lebih nyaman, pada 1920 perusahaan Young's Rubber menciptakan kondom pertama yang terbuat dari lateks. Yaitu jenis karet yang terbuat dari getah putih tumbuhan. Bahannya lebih tipis dan lentur ketimbang karet biasa.



9. 1957 - 1990

Kondom dengan lubrikasi pertama diciptakan, dan pada 1990 kondom mulai memiliki variasi. Tak hanya polos, tapi juga berwarna, memiliki aroma dan bertekstur.



10. 2000 - Sekarang

Inovasi kondom semakin variatif, mulai dari ekstra tipis, perlindungan ekstra, bergerigi, memiliki aroma bacon, bisa membunuh sperma hingga yang terbaru membuat pemakainya merasa tak seperti menggunakan kondom.


Hestianingsih - wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar