Penjelasan Ilmiah Kenapa Orang Bisa Terlalu Terobsesi Pada Seks

Apakah Anda termasuk orang yang selalu memikirkan seks setiap waktu? Jika iya, bisa jadi Anda termasuk orang yang menurut riset terbaru, memang sensitif terhadap isyarat seksual.

Riset tersebut dilakukan oleh para peneliti di University of California Los Angeles (UCLA) dengan melibatkan 40 pria dan 22 wanita berusia 18 sampai 40 tahun. Mereka diminta mengisi kuisioner dan diperlihatkan 225 aneka jenis gambar mulai dari yang non-seksual, netral (seperti foto wajah), pemandangan dan foto seksual. Responden juga ditanya berapa pasangan seksual yang pernah mereka miliki.

Saat melihat gambar-gambar tersebut, aktivitas otak responden diukur dengan electroencephalogram (EEG). EEG ini dapat mengukur aktivitas elektronik yang terjadi di otak ketika melihat aneka gambar tersebut.

Setelah diteliti terungkap, beberapa responden menunjukkan reaksi yang kuat di EEG ketika melihat semua gambar berbau intim. Dan mereka yang bereaksi pada gambar intim tersebut juga memiliki pasangan seksual lebih banyak.

"Ini adalah data pertama yang kami tahu yang melihat hubungan respons otak terhadap perilaku seks," ujar Nicole Prause, pimpinan riset dari University of California Los Angeles, seperti dikutip dari situs resmi UCLA. "Jika otak merespons sangat kuat ketika melihat gambar-gambar berbau seks, Anda memiliki kecenderungan kuat untuk merasa bergairah secara seksual di dunia nyata. Ketika kami memperlihatkan gambar seks secara eksplisit, otak semua orang memang merespons kuat. Tapi yang menjadi perbedaannya adalah gambar yang tidak terlalu kuat, hanya sedikit petunjuk tentang seks," tambahnya.

Jika Anda termasuk orang yang terobsesi pada seks dan sulit mengontrol gairah, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya:

Langkah 1
Konsultasikan kepada seksolog mengenai gairah seksual Anda. Dorongan bercinta yang terlalu tinggi, yang juga dikenal dengan hiperseks atau nymphomania bisa mengindikasikan kondisi medis yang cukup serius sepertibipolar disorder (perubahan mood yang sangat cepat) atau kanker pada ginjal. Tapi jika dokter mendiagnosis Anda hanya menderita kecanduan seks, biasanya dia akan merekomendasikan Anda ke psikolog atau terapis.

Langkah 2
Kenali alasan Anda ingin mengurangi gairah seksual. Jika tujuan Anda untuk mengontrol libido karena alasan keagamaan, bicaralah dengan guru spiritual untuk mendapatkan nasihat dan panduan yang benar sesuai ajaran agama Anda. Tidak perlu malu karena biasanya ini bukan kasus pertama yang dia tangani.

Langkah 3
Hindari stimulasi seksual; jangan melihat sesuatu yang bersifat pornografi seperti film, novel erotis atau majalah dewasa. Cara ini akan membantu mengurangi hasrat seksual Anda yang berlebihan sehingga bisa lebih mengontrolnya.

Langkah 4
Sibukkan diri Anda dengan olahraga, latihan di gym atau yoga. Membuat tubuh beraktivitas bisa mengalihkan pikiran dan hasrat seksual sehingga Anda tidak merasa frustasi karena kebutuhan biologis yang tidak terpenuhi.


Eny Kartikawati - wolipop



Baca juga :

5 Kebiasaan yang Bisa Mempermudah Wanita Mencapai Orgasme

6 Posisi Bercinta Paling Buruk

5 Manfaat Bercinta untuk Kesehatan Anda

6 Titik Erotis Pembakar Gairah Seksual

Ini Dia Kiat Bercinta di Bawah Pancuran Air

Kenali Payudara Pasangan, Ini Model Rangsangannya

Ini Dia yang Bikin Pria Tak Tahan Lihat Payudara Wanita

Seks di Pantai, Ingat Hal Ini!

Untuk Seks Lebih Panas, Lakukan 6 Kiat Ini

Ini Dia Enak & Tidaknya Bercinta di Kamar Mandi

Saat Telanjang Berdua, Ini Patut Dicoba

Ini Dia Bagian Tubuh Wanita Perlu Disentuh!

Cara Gairahkan Pasangan dengan Payudara

Agar Orgasme Bisa Dicapai Bersamaan, Ini Tipsnya

Hal-hal Aneh Tapi Normal yang Bisa Terjadi pada Wanita Saat Bercinta

Ini yang Diinginkan Wanita dari Pria Saat Pertama Kali Bercinta

Bermain Peran, Cara Paling Favorit untuk Tingkatkan Gairah Bercinta

3 Hal Paling Umum yang Sebabkan Libido Bercinta Turun

Bercinta Sambil Duduk Bikin Orgasme Lebih Mudah

Ini Gaya Bercinta Paling Digilai Wanita

Wanita Sulit Orgasme? Ini Solusinya

3 Trik untuk Bantu Wanita Lebih Mudah Dapatkan Orgasme Saat Bercinta

Rahasia Membahagiakan Wanita Saat Bercinta dengan Stimulasi Klitoris

4 Posisi Bercinta Pilihan untuk Menikmati Quickie Sex

Sering Orgasme Bikin Payudara Indah & Sehat

Mitos Seputar Kehidupan Wanita dan Seks

Usai Bercinta, Wanita Tampil Lebih Menarik?

Aktivitas Bercinta Makin Panas? Ini Tahapannya

Teknik Mengencangkan Payudara yang Kendor

Ingin Orgasme Berulang? Ini Tekniknya

Agar Seks Dahsyat & Nikmat, Ini Saatnya...