Xabi Alonso Antar Spanyol Tantang Portugal

 
Spain Vs France
Spanyol tinggal dua langkah lagi untuk mempertahankan gelar juara Piala Eropa, sekaligus memenuhi ambisi mengawinkan trofi Piala Eropa 2012 dengan Piala Dunia 2010. 
"La Furia Roja" meraih tiket semifinal setelah sukses membungkam Perancis 2-0 laga perempat final di Stadion Donbass Arena, Sabtu atau Minggu (24/6/2012) dinihari WIB.
Di paruh pertama, Spanyol sudah unggul lewat tandukan Xabi Alonso.
Hasilnya, Perancis tersengat dengan gol Spanyol. Tim "Ayam Jantan" kontan tampil agresif pada awal babak kedua. Sebuah tandukan Mathieu Debuchy masih melambung di atas jala Iker Casillas setelah memanfaatkan umpan Franck Ribery mengancam gawang Spanyol.

Pada paruh babak kedua, Vicente Del Bosque memasukkan penyerang Fernando Torres dan Pedro Rodriguez, untuk menggantikan Cesc Fabregas dan David Silva. Sementara di kubu Perancis, Laurent Blanc memainkan Samir Nasri dan Jeremy Menez. Kedua pemain tersebut menggantikan Florent Malouda dan Debuchy.

Perubahan ala Del Bosque nyaris membuahkan hasil pada menit ke-70. Dari sisi kanan pertahanan Perancis, Pedro melakukan tusukan dan melepas umpan kepada Torres. Sayang, bola berhasil diserobot Laurent Koscielny sebelum jatuh ke kaki "El Nino", julukan Torres.

Pada menit ke-79, Torres membahayakan gawang Hugo Lloris, namun striker Chelsea itu sudah terpedaya jebakan offside.
Tersisa sebelas menit, Spanyol masih menguasai pertandingan. Bahkan, "La Seleccion" mendapatkan hadiah penalti setelah Pedro dijegal Anthony Reveillere pada masa injury time. Alonso sukses menjadi algojo dan mengecoh Lloris dengan lesakan bola ke kiri gawang. Gol itu memateraikan kemenangan skuad Matador" atas tim "Ayam Jantan" 2-0.
Dua gol kreasi Alonso dalam pertandingan internasional keseratusnya mengantarkan Spanyol ke semifinal Euro 2012. Iker Casillas dan kawan-kawan sudah ditunggu Portugal dalam perebutan tiket final di stadion yang sama dengan semifinal Sabtu malam ini, yakni di Donbass Arena, Donetsk pada 27 Juni mendatang.  

Susunan Pemain
Spanyol (4-3-3):
1-Iker Casillas; 3-Gerard Pique, 15-Sergio Ramos, 17-Alvaro Arbeloa, 18-Jordi Alba; 8-Xavi, 14-Xabi Alonso, 16-Sergio Busquets; 6-Andres Iniesta (Carzolla 83), 10-Cesc Fabregas (Torres 67), 21-David Silva (Pedro 64)

Perancis (4-2-3-1): 1-Hugo Lloris; 4-Adil Rami, 13-Anthony Reveillere, 21-Laurent Koscielny, 22-Gael Clichy; 2-Mathieu Debuchy (Menez 64), 6-Yohan Cabaye; 7-Franck Ribery, 15-Florent Malouda (Nasri 64), 17-Yann M'Vila; 10-Karim Benzema

Wasit: Nicola Rizzoli (Italia)