6 Korban Mourinho di Chelsea

Headline
Kedatangan Jose Mourinho di Chelsea disambut suka cita oleh fans The Blues. Namun, kehadiran pelatih Portugal itu langsung memakan korban. Siapa saja?
 Mourinho membesut Chelsea usai memtuskan kerjasama dengan Real Madrid musim ini. Pelatih berusia 50 tahun itu kembali ke Stamford Bridge setelah sempat menjadi jura racik di tahun 2004-2007.

Kehadiran mantan pelatih Porto itu diharapkan bisa membawa klub London Barat itu bersaing bersama Manchester United dan Manchester City. Sejauh ini, The Blues sudah mendatangkan tiga pemain anyar, yakni Andre Schurrle, Marco van Ginkel dan Mark Schwarzer.

Kedatangan pemain-pemain anyar itu juga memakan korban. Enam pemain Chelsea disingkirkan oleh Mourinho.

1. Marko Marin

Headline
Didatangkan dari Werder Bremen tahun 2012 lalu, Marin gagal menembus skuad utama. Ia kalah bersaing dengan trio Eden Hazard, Juan Mata dan Oscar. Selama satu musim, ia hanya tampil enam kali dan mencetak satu gol. Musim depan, pemain Kroasia itu dipinjamkan ke Malaga.

2. Paulo Ferreira

Headline
Ferreira adalah salah satu rekrutan Mourinho saat menukangi Chelsea tahun 2004 silam. Ia menjadi pilihan utama Mou sebagai bek kanan. Saat pelatih Portugal itu hengkang, pemain berusia 34 itu masih dipercaya sebagai bek kanan. Namun, memasuki tahun 2011, ia mulai jarang tampil karena kalah bersaing dengan Branislav Ivanovic. Musim 2012/2013, ia mulai jarang bermain. Kontraknya habis di musim ini dan Mou merasa sudah tak membutuhkannya lagi.

3. Yossi Benayoun

Headline
Benayoun didatangkan tahun 2010 dari Liverpool. Namun, sejak bergabung dengan Chelsea, pemain Israel itu kesulitan menembus skuad reguler. Ia lebih banyak menghangatkan bangku cadangan. Di musim 2011/2012, mantan pemain West Ham United itu dipinjamkan ke Arsenal. Satu musim kemudian, ia kembali ke klub yang membesarkan namanya, West Ham.
Bersama The Hammers, Benayoun hanya tampil enam kali. Musim ini ia kembali ke Stamford Bridge. Namun, Mourinho tak membutuhkan jasa pemain berusia 33 tahun itu. Benayoun hanya tampil 14 kali dan mencetak satu gol bersama Chelsea.

4. Florent Malouda

Headline
Malouda bergabung dari Lyon tahun 2007. Pemain Prancis itu kesulitan beradaptasi dengan gaya sepak bola Inggris. Di musim perdananya, ia hanya mencetak dua gol dan satu assist. Penampilannya semakin membaik di musim kedua. Ia selalu menjadi pilihan utama The Blues. Klub besar seperti Barcelona dan AC Milan meliriknya. Namun, ia memilih bertahan dan memperpanjang kontraknya.
Karier Malouda menurun drastis di musim 2012/2013. Ia meminta dimasukkan ke dalam daftar jual. Beberapa tawaran datang dari klub Brasil, namun pemain kidal itu menolak karena menilai tawarannya terlalu rendah. Akhirnya, Chelsea pun membekukan statusnya dan memainkannya di tim cadangan. Pada 30 Juni lalu, klub London Barat itu melepas Malouda dengan status bebas transfer.

5. Ross Turnbull

Headline
Turnbull didatangkan untuk menjadi pelapis kiper utama, Petr Cech. Namun, sejak digaet dari Middlesbrough tahun 2007 silam, ia jarang mendapat kesempatan tampil. Selama enam musim, kiper berusia 28 tahun itu hanya tampil tujuh kali.
Sebagai gantinya, ia mendatangkan kiper veteran asal Australia, Mark Schwarzer dari Fulham.

6. Patrick van Aanholt

Headline
Van Aanholt memulai kariernya sebagai pesepakbola bersama FC Den Bosch sebelum akhirnya ditarik ke Chelsea tahun 2009. Untuk menambah jam terbang, pemain berusia 22 tahun itu dipinjamkan ke Coventry, Newcastle, Leicester, Wigan. Tahun 2012, pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu dipinjamkan ke Vitesse. Musim ini, Chelsea kembali meminjamkannya ke Vitesse selama satu musim penuh. Sejak tahun 2009, ia belum pernah tampil bersama tim utama The Blues.