Pedro Hatrik, Barca Mantap di Puncak Klasemen

Headline
Sempat kesulitan di babak pertama, Barelona berhasil membawa pulang tiga poin dari Campo De Futbol De Vallecas, kandang Rayo Vallecano, Minggu dini hari (22/9/13) WIB.

Hatrik Pedro Rodriguez dan satu gol dari Cesc Fabregas membuat Barca unggul 4-0 atas Vallecano.

Di luar dugaan, Rayo Vallecano berhasil unggul dari segi penguasaan bola, 53 persen berbanding 47 persen, dan juga jumlah tembakan ke gawang, empat berbanding dua di babak pertama. Namun satu hal yang pasti, Barca tetap unggul dalam efektifitas penyelesaian akhir.

Barca berhasil mencetak gol pembuka pada peluang pertamanya, yang baru tercipta pada menit ke-33, sementara Vallecano justru menyia-nyiakan peluang emas lewat tendangan penalti tiga menit kemudian.

Mental tuan rumah merosot drastis setelah Barca mencetak gol kedua hanya dua menit setelah babak kedua bergulir. Praktis, Lionel Messi dkk menguasai jalannya laga tanpa perlawanan berarti sepanjang sisa waktu pertandingan.

Kemenangan ini memperkokoh posisi Barca di puncak klasemen dengan 15 poin dari lima laga, sementara Vallecano kian terbenam di zona degradasi, berada di peringkat ke-18 dengan tiga poin dari lima laga.

Jalannya pertandingan

Vallecano melepaskan tembakan ke gawang pada menit ketiga. Umpan silang dari sayap kanan disambut tandukan Alberto Perea dari jarak sekitar delapan meter. Bola sempat memantul ke tanah namun kiper Barca, Victor Valdes, masih sigap menepisnya.

Enam menit kemudian, penyerang Barca, Neymar, melepaskan tendangan dari sisi kanan dalam kotak penalti lawan, menyambut umpan silang datar Xavi. Bola tak sanggup dijangkau kiper lawan namun masih bisa dihalau bek Vallecano tepat di garis gawang.

Serangan Barca dibangun dari tengah, Messi kerap menusuk ke dalam kotak penalti lawan dan memberikan terobosan ke sisi kanan atau kiri, yang dihuni Fabregas dan Pedro.

Vallecano memanfaatkan serangan lewat sisi, terutama sisi kanan pertahanan lawan yang melemah tanpa Dani Alves.

Neymar menyia-nyiakan peluang yang didapatnya pada menit ke-19. Menerima terobosan Messi di dalam kotak penalti, tendangannya masih tinggi di atas gawang.

Gol pembuka tercipta pada menit ke-33. Lagi-lagi diawali terobosan Messi, kali ini ke sisi kanan kepada Pedro. Tendangannya berhasil menaklukkan kiper Ruben.

Tiga menit kemudian, Vallecano mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Adriano menjatuhkan Trashorras di dalam kotak penalti. Wasit pun tanpa ragu menunjuk titik putih. Sayang, tendangan Trashorras ke sudut kanan bawah gawang lawan masih bisa ditepis Valdes.

Vallecano kembali mendapat peluang pada menit ke-39. Tendangan Vierra dari sisi kanan pertahanan Barca masih bisa ditepis Valdes. Kedudukan 1-0 untuk Barca bertahan hingga babak pertama usai.

Baru dua menit babak kedua berjalan, Barca menggandakan keunggulannya. Fabregas melakukan penetrasi lewat sayap kiri. Umpan datarnya berhasil dikonversi Pedro menjadi gol dengan sontekan kaki kiri di tiang jauh. Barca unggul 2-0.

Menit ke-57, Vallecano mencoba berspekulasi dari luar kotak penalti. Tendangan Raul Baena bisa diantisipasi Valdes. Tiga menit kemudian, peluang yang lebih matang didapat Vallecano. Sundulan Nigez menyambut crossing Trasshoras kembali digagalkan Valdes.

Pedro akhirnya mencetak hatrik pada menit ke-71, diawali aksi Neymar. Penyerang Timnas Brasil itu menggiring bola dari tengah, melakukan wallpass dengan Fabregas untuk membuka celah di sisi kanan kotak penalti lawan. Neymar lalu melepaskan umpan silang datar kepada Pedro yang berdiri terbuka. Dengan mudah, Pedro menceploskan bola ke gawang. Tampilan papan skor berubah menjadi 3-0 untuk Barca.

Menit ke-74, permainan cantik diperagakan Messi dan Neymar. Dari luar kotak penalti, Messi memberikan umpan pendek kepada Neymar, yang segera dikembalikan kepada Messi dengan backheel-nya. Messi terus berakselerasi hingga ke dalam kotak penalti. Sayang, tendangannya masih bisa ditepis kiper lawan.

Fabregas berhasil mencetak gol pertamanya musim ini pada menit ke-80, memanfaatkan blunder pemain Vallecano. Umpan pendek bek tengah Vallecano, Galvez, berhasil dipotong Xavi hanya beberapa meter di depan kotak penalti Vallecano.

Sang gelandang mengalirkan bola ke sisi kanan, dimana ada Fabregas yang berdiri terbuka. Sang gelandang berhasil menyarangkan bola ke sudut kiri bawah gawang lawan. Kedudukan 4-0 untuk Barca bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain:

Rayo Vallecano: Ruben; Tito (Jose Ignacio Martinez Garcia 45’), Alejandro Galvez, Anaitz Arbilla, Johan Mojica; Raul Baena, Roberto Trashorras, Saul Niguez Esclapez; Alberto Perea (Adri Embarba 49’), Jonathan Viera (Joaquin Larrivey 58’), Alberto Bueno. Pelatih: Paco Jemez.

Barcelona: Victor Valdes; Martin Montoya, Gerard Pique, Javier Mascherano, Adriano; Cesc Fabregas, Xavi (Jonathan Dos Santos 84’), Alex Song; Pedro (Andres Iniesta 75’), Lionel Messi, Neymar (Alexis Sanchez 80’). Pelatih: Gerardo Martino.